DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 11:21 WIB

Timses Jokowi Disebut Ber-IQ 80, Ini Respons PKB

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Timses Jokowi Disebut Ber-IQ 80, Ini Respons PKB Wasekjen PKB Daniel Johan (Gibran/detikcom)
Jakarta - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut intelligence quotient atau kecerdasan intelektual (IQ) Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf hanya 80. PKB angkat bicara.

Wasekjen PKB Daniel Johan mengaku tak mempermasalahkan pernyataan Mardani itu. Sebab, pada kenyataannya, anggota TKN Jokowi-Ma'ruf sudah terseleksi dan terbaik dalam kemampuannya.

"Semua anggota tim yang ada itu sudah terseleksi dan terbaik dalam kemampuannya," ujar Daniel kepada detikcom, Selasa (21/8/2018).


Wakil Direktur Kampanye TKN Jokowi-Ma'ruf itu juga mengaku tak merasa direndahkan oleh Mardani. Ia menganggap apa yang diucapkan Mardani itu sebagai tantangan bagi TKN Jokowi-Ma'ruf agar semakin semangat bekerja dan berjuang.

"Sama sekali tidak merasa direndahkan. Sama saja kita dihina buta tapi kalau kenyataannya bisa melihat semua. Kenapa harus pusing?" katanya.

Terkait pernyataan Mardani yang menyebut TKN Jokowi-Ma'ruf bergantung pada Ketua TKN, Daniel membantah. Ia menegaskan timnya selama ini telah solid tanpa bergantung pada satu figur.

"Justru semua anggota sudah mulai bekerja meski belum ada ketuanya, itu menunjukkan anggota tim solid bergerak bersama memegang asas gotong royong dan kompak tanpa tergantung kepada satu figur," ujar Daniel.


Sebelumnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut TKN Jokowi-Ma'ruf aneh. Karena aneh, Mardani lalu bicara intelligence quotient atau kecerdasan intelektual (IQ) dari pribadi masing-masing anggota TKN.

Mardani menyebut mereka yang tergabung dalam TKN Jokowi-Ma'ruf bisa saja memiliki IQ di atas 100. Namun, jika secara kelompok, Mardani sangsi IQ TKN Jokowi lebih dari 100.

"Padahal bisa jadi IQ personal 120, tapi IQ komunal (kumpulan) bisa cuma 80 karena semua sangat tergantung ketua, ketua dan ketua," kritik Mardani dalam keterangannya, Selasa (21/8).


Tonton juga video: 'Ini Formasi Timses Jokowi-Ma'ruf'

[Gambas:Video 20detik]


(mae/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed