DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 07:24 WIB

Sekjen KIK Naik Moge ke KPU, Bagaimana Koalisi Prabowo-Sandi?

Haris Fadhil - detikNews
Sekjen KIK Naik Moge ke KPU, Bagaimana Koalisi Prabowo-Sandi? Fadli Zon (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Para Sekjen dari Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pendukung Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menyerahkan berkas tim kampanye ke KPU dengan menumpangi motor gede. Lalu, bagaimana dengan koalisi pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno?

"Kita akan sederhana saja dengan cara yang wajar, tidak berlebihan. Kesederhanaan, mengedepankan tradisi, dan juga mengedepankan adat istiadat dengan tidak berlebihan," kata Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon kepada detikcom, Senin (20/8/2018) malam.


Dia menilai moge bukanlah adat istiadat Indonesia. Fadli juga menyebut moge identik dengan warga kelas atas.

"Saya kira moge itu bukan adat istiadat kita ya. Itu kan biasanya orang-orang tertentu yang secara ekonomi mempunyai kelas atas gitu ya. Kesan saya sih begitu," ujarnya.

Namun, Fadli belum menjelaskan apakah ada hal khusus yang dilakukan tim Prabowo-Sandi saat menyerahkan daftar tim kampanye nasional ke KPU nantinya. Timses Prabowo-Sandi kini masih dalam tahap penyusunan.

"Belum sampai begitu (rencana kedatangan), saya kira gimik-gimik seperti itu muncul kan karena upaya mencari positioning pada kelompok tertentu," ucapnya.

"Saya kira masih di dalam formasi pembentukan. Pelan-pelan mulai, mungkin karena sekarang fokus di Idul Adha ya, setelah itu mungkin," sambung Fadli.


Sebelumnya, saat menyambangi Gedung KPU, Senin (20/8), terlihat Sekjen PKB Abdul Kadir Karding yang mengendarai sendiri motornya. Delapan sekjen lainnya, yakni Hasto Kristiyanto (PDIP), Lodewijk Freidrich Paulus (Golkar), Arsul Sani (PPP), Johnny G Plate (NasDem), Herry Lontung Siregar (Hanura), Ahmad Rofiq (Perindo), Verry Surya Hendrawan (PKPI), dan Raja Juli, Antoni (PSI) diboncengan.

Hasto mengungkapkan alasan menaiki moge ke gedung KPU untuk menyerahkan dokumen tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf. Salah satu alasan menggunakan moge ini adalah mengikuti tren saat ini. Ide ini tercetus dari Johnny selaku sekjen NasDem.

"Ya riang gembira kita bersama-sama dan ini kan juga tren, tentang motor ini menjadi tren nasional dan kita mengikuti itu. Tapi Pak Johnny G Plate ini yang kemarin punya gagasan-gagasannya," ujar Hasto.



Tonton juga video: 'Naik Moge, Sekjen KIK Berangkat ke KPU untuk Lengkapi Berkas'

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed