DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 23:00 WIB

Jokowi sampai Sekjen Koalisi Kompak Bergaya Moge

Zunita Putri, Dwi Andayani - detikNews
Jokowi sampai Sekjen Koalisi Kompak Bergaya Moge Sekjen pro-Jokowi ke KPU kompak pakai moge. (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Para sekjen Koalisi Indonesia Kerja (KIK) menunjukkan kekompakan dalam beberapa kesempatan di depan publik. Kali ini sembilan sekjen KIK kompak bergaya moge mengikuti capres usungannya, Joko Widodo (Jokowi).

Kekompakan mereka ditunjukkan saat mendatangi gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018), untuk menyerahkan dokumen Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin untuk Pilpres 2019. Gaya para sekjen ini ditunjukkan setelah Jokowi menunggangi moge pada pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8).


Kesembilan sekjen KIK tidak mau kalah dengan Jokowi, yang saat pembukaan Asian Games mengenakan jas dan kemeja berdasi. Mereka juga ikutan ber-outfit formal dengan setelan kemeja putih dan dasi merah.

Jokowi naik Moge di opening Asian Games 2018Jokowi naik Moge di pembukaan Asian Games 2018 (Foto: dok. Xinhua News)

Saat menyambangi gedung KPU, terlihat Sekjen PKB Abdul Kadir Karding yang mengendarai sendiri motornya. Delapan sekjen lainnya, yakni Hasto Kristiyanto (PDIP), Lodewijk Freidrich Paulus (Golkar), Arsul Sani (PPP), Johnny G Plate (NasDem), Herry Lontung Siregar (Hanura), Ahmad Rofiq (Perindo), Verry Surya Hendrawan (PKPI), dan Raja Juli, Antoni (PSI) diboncengkan.


Moge-moge yang mereka tunggangi berharga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Sebut saja Kawasaki Z800, Ducati Monster 795, Ducati Hyperstrada/Hypermotard 821, Suzuki GSX R-1000, Kawasaki Er-6N, hingga Kawasaki Versys.

Hasto mengungkapkan alasan menaiki moge ke gedung KPU. Salah satu alasan menggunakan moge ini adalah mengikuti tren saat ini. Ide ini tercetus dari Johnny selaku sekjen NasDem.

"Ya riang gembira kita bersama-sama dan ini kan juga tren, tentang motor ini menjadi tren nasional dan kita mengikuti itu. Tapi Pak Johnny G Plate ini yang kemarin punya gagasan-gagasannya," ujar Hasto.


Nah, selain itu, ternyata Jokowi memiliki relawan yang khusus menangani moge. Nama relawannya adalah Jokowi Riders.

"Kami juga punya relawan yang khusus menangani ini (moge), yaitu relawan Jokowi Riders," ujar Hasto.

"Sehingga mereka mengorganisir desain kendaraan roda dua dengan berbagai merek untuk menampilkan mobilitas pergerakan dari rakyat itu sendiri," kata Hasto.

Ini bukan kali pertama sembilan sekjen koalisi Jokowi berpenampilan kompak. Pertama kali mereka kompak mengenakan sneakers saat bertemu dengan Jokowi di Bogor, kemudian kompak berkemeja putih saat rapat di Posko Cemara.
(dkp/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed