detikNews
Senin 20 Agustus 2018, 17:48 WIB

MUI Rapat Pleno Bahas Vaksin MR Hari ini

Ray Jordan - detikNews
MUI Rapat Pleno Bahas Vaksin MR Hari ini Asrorun Ni'am Sholeh (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) masih belum memutuskan soal sertifikasi label halal terkait vaksin imunisasi campak atau measles dan rubella (MR). MUI akan menggelar rapat pleno untuk memutuskan hal itu hari ini.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Soleh mengatakan, MUI sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait polemik vaksin tersebut. Bahkan, MUI juga telah memperoleh data dari pihak produsen vaksin itu.

"Kami sudah peroleh data dari SII sebagai produsen, sudah komunikasi dengan PT Biofarma sebagai importirnya, data-data sudah ada. LPPOM-nya sudah melakukan telaahan," kata Asrorun di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/8/2018).


Asrorun menambahkan, data-data tersebut akan dirapatkan dalam Sidang Pleno MUI yang akan digelar hari ini. Kegiatan itu akan dilakukan di kantor MUI malam ini.

"Nanti habis Magrib akan dilaksanakan rapat pleno sebagai pembahasan mengenai boleh atau tidaknya vaksin tersebut untuk kepentingan imunisasi," katanya.

Asroun mengatakan, pada 17 Agustus 2018 kemarin, pihaknya juga telah mengadakan rapat pleno mendengarkan pandangan dari para ahli terkait dengan urgensi, signifikansi, imunisasi MR yang diprogramkan oleh pemerintah. "Ada dari Kemenkes, ada dari Komnas IPI, ada dari PT Biofarma juga memberikan penjelasan," katanya.


Dikatakan Asrorun, rapat dengan para ahli itu hanya untuk mendengarkan paparan saja. Paparan itu kemudian jadi salah satu referensi dalam pembahasan dan penetapan fatwa oleh MUI nantinya.

"Komisi fatwa akan melakukan pembahasan finalnya nanti malam. Kalau tidak ada molor dalam pembahasannya, maka diharapkan selesai nanti malam," tambah Asrorun.
(jor/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com