DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 15:05 WIB

Polisi Gagalkan Penyelundupan Lobster Rp 32 M ke Singapura

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Polisi Gagalkan Penyelundupan Lobster Rp 32 M ke Singapura Foto: Benih bibit lobster yang disita (Chaidir-detik)
Pekanbaru - Bibit baby lobster sebanyak 108.000 ekor atau senilai Rp 32 miliar ditangkap pihak Polres Indragiri Hilir (Inhil) di Riau. Rencananya bibit lobster ini akan diselundupkan ke Singapura.

"Ada empat orang yang kita amankan dalam kasus ini. Dengan dua unit mobil mereka membawa bibit lobster sebanyak 108.000 ekor senilai Rp 32 miliar. Lobster ini rencananya akan diselundupkan ke Singapura," kata Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony dalam jumpa pers, Senin (20/8/2018) di Mapolres Inhil di Kota Tembilahan.



Rony menjelaskan, barang bukti lobster ini dibawa dengan dua init mobil yakni Kijang Innova dan Avanza dari Jambi. Ke empat warga yang membawa lobster itu adalah, Zainal Arifin bin Rasyid (50), Fadilah Riandi (22) anak dari Zainal Arifin. Selanjutnya, Maryanto (45) dan Radhiyatul Hayat (38) keduanya sopir. Mereka merupakan warga asal Jambi.

"Awalnya kita mendapatkan informasi akan adanya dua kendaraan yang membawa bibit lobster dari Jambi," kata Rony.

Atas informasi tersebut, katanya, Kapolsek Keritang yang berada di wilayah perbatasan dengan Jambi, lantas menghentikan kedua kendaraan yang dicurigai tadi.



Kedua kendaraan itu, Kijang Innova BH 1178 LM diketahui membawa 15 kotak lobster. Avanza nopol B 1371 SRA diketahui membawa 12 kotak berisikan lobster. Penangkapan dilakukan Senin (20/8) pukul 01.30 WIB.

"Kini barang bukti seperti lobster dan dua unit mobil sudah diamankan. Pasal yang dikenakan terhadap mereka, UU No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan," tutup Rony.


Tonton juga video: 'Polisi Amankan Baby Lobster Selundupan Senilai Rp 1,5 M'

[Gambas:Video 20detik]


(cha/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed