DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 14:22 WIB

Gempa Lombok Didesak Jadi Bencana Nasional, Ini Syaratnya

Indah Mutiara Kami - detikNews
Gempa Lombok Didesak Jadi Bencana Nasional, Ini Syaratnya Kerusakan akibat gempa Lombok (Foto: Grandyos Zafna)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Jakarta - Sejumlah pihak mendesak agar bencana gempa di Lombok, NTB ditetapkan menjadi bencana nasional. Ada sejumlah syarat untuk menentukan tingkat bencana nasional dan daerah.

Syarat itu dimuat dalam UU 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana. Pasal 7 ayat 1 huruf c mengatur bahwa pemerintah memiliki wewenang untuk menetapkan status dan tingkatan bencana nasional.



Ada 5 indikator untuk penetapan status bencana daerah dan bencana nasional, yaitu:

a. jumlah korban
b. kerugian harta benda
c. kerusakan prasarana dan sarana
d. cakupan luas wilayah yang terkena bencana
e. dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan

Tak ada penjelasan lebih rinci soal angka minimal poin-poin di atas sebagai dasar penetapan bencana nasional.



Penetapan status bencana nasional ini juga diatur dalam Peraturan Pemerintah 21/2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Penetapan status ini ada di tangan Presiden.

"Penentuan status keadaan darurat bencana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk tingkat nasional ditetapkan oleh Presiden, tingkat provinsi oleh gubernur, dan tingkat kabupaten/kota oleh bupati/walikota," demikian bunyi pasal 23 ayat 2.

Sebelumnya diberitakan, desakan itu salah satunya datang dari Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW). HNW terus menggaungkan agar gempa Lombok naik status jadi bencana nasional. Kepada para jemaah haji Indonesia, Hidayat meminta doa agar Presiden Joko Widodo terbuka hatinya menjadikan gempa Lombok sebagai bencana nasional.

"Mengimbau agar saudara-saudara kita yang berhaji, dalam wukuf mereka, mendoakan untuk korban-korban di Lombok dan mendoakan agar Pak Jokowi terbuka mata hatinya keluar dari Arafah," kata Hidayat di kompleks parlemen, Senin (20/8/2018).

"Mudah-mudahan lebih didengar oleh Pak Jokowi supaya kemudian beliau terbuka mata hatinya untuk segera menetapkan," imbuh HNW, panggilan Hidayat.



Tonton juga video: 'Banyak Korban Jiwa, Gempa Lombok Harusnya Bencana Nasional'

[Gambas:Video 20detik]


(imk/tor)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed