DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 11:03 WIB

KPK Periksa Dirjen Kemenkeu Terkait Kasus Suap Irwandi Yusuf

Ahmad Bil Wahid - detikNews
KPK Periksa Dirjen Kemenkeu Terkait Kasus Suap Irwandi Yusuf Foto: Ilustrasi gedung KPK. (Dokumen detikcom)
Jakarta - KPK memeriksa Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Astera Primanto Bhakti. Dia diperiksa sebagai saksi Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf.

"Saksi terkait dengan pengalokasian dan penyaluran dana otonomi khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah dalam keterangannya, Senin (20/8/2018).


Pantauan detikcom di gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Astera sudah tiba sejak pukul 10.00 WIB. Dia langsung menuju lobi dan sempat duduk beberapa menit.

Astera yang memakai baju batik cokelat bermotif kuning itu lalu meninggalkan lobi.
Sambil membawa map, dia berjalan menaiki tangga menuju lantai dua.

Dalam perkara ini, KPK menjerat Irwandi ketika menjabat sebagai Gubernur Aceh. Dia diduga menerima duit suap dari Ahmadi (Bupati Bener Meriah nonaktif) sebesar Rp 500 juta.


Uang itu merupakan bagian dari commitment fee Rp 1,5 miliar atau 10 persen demi mendapatkan ijon proyek infrastruktur yang menggunakan alokasi dana otsus. KPK menduga bagian 8 persen diperuntukkan bagi sejumlah pejabat di provinsi, sedangkan 2 persen di tingkat kabupaten.

Sebagian dari duit suap Rp 500 juta itu diduga akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018. Selain Irwandi dan Ahmadi, ada 2 orang yang juga dijerat sebagai tersangka yaitu Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri.



Tonton juga video: 'Kolaborasi KPK dan Pemerintah Bentuk Timnas Pencegahan Korupsi'

[Gambas:Video 20detik]


(abw/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed