DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 06:45 WIB

Kemenhub: Tiang Beton di Stasiun Manggarai untuk Proyek Elevated

Audrey Santoso - detikNews
Kemenhub: Tiang Beton di Stasiun Manggarai untuk Proyek Elevated Foto: Tiang beton yang mengganggu penumpang KRL di Stasiun Manggarai (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan alasan keberadaan tiang beton di tengah peron di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Tiang beton sengaja didirikan untuk mendukung proyek stasiun elevated.

"Hal tersebut merupakan konsekuensi dari desain elevated yang menyatu dalam satu stasiun, terdapat kolom atau pier elevated pada peron," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri kepada detikcom melalui pesan singkat, Senin (20/8/2018).


Zulfikri menuturkan pelayanan transportasi di jalur 8, tempat tiang beton itu berdiri, sifatnya sementara saat ini. Jalur kereta api tersebut nantinya akan bergeser mengikuti desain stasiun yang baru.

"Sekarang ini pelayanan di jalur 8,9 dan 10 sifatnya temporary. Nanti jalur atau track juga masih akan bergeser atau shifting seiring tahapan pembangunan stasiun," jelas Zulfikri.


Terkait kondisi tiang beton yang mempersempit ruang gerak penumpang untuk berjalan di peron, Zulfikri meminta pengguna KRL tidak khawatir.

"SOP dari Kementerian Perhubungan semua harus memperjatikan faktor keselamatan. Jadi para pengguna tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Internal Kemenhub telah membahasnya secara koperhensif," ucap Zulfikri.


Dua tiang beton di Stasiun Manggarai dianggap mengganggu pengguna KRL. Posisi tiang beton itu menghalangi pengguna KRL melintas.

Dari pantauan, Minggu (19/8/2018), dua tiang beton itu berada di Peron 8. Jarak antara tiang itu kurang lebih 40 sentimeter sehingga sulit untuk dilewati. Apabila ada kereta yang melintas, ruang antara tiang dengan kereta hanya cukup dilewati 1 orang sehingga cukup berbahaya.



Tonton juga video: 'Pantau Stasiun Manggarai, Menhub: Zaman Medsos, Kereta Jangan Telat'

[Gambas:Video 20detik]


(aud/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed