DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 04:20 WIB

Laporan Dari Mekah

Menag Patroli Pasca Angin Kencang di Arafah, Situasi Kondusif

Fajar Pratama - detikNews
Menag Patroli Pasca Angin Kencang di Arafah, Situasi Kondusif Foto: Menag Lukman Hakim Saifuddin langsung melakukan pengecekan pasca hujan deras dan angin kencang di padang Arafah. (Fajar-detikcom)
Jakarta - Menag Lukman Hakim Saifuddin langsung melakukan pengecekan pasca hujan deras dan angin kencang di padang Arafah. Ada tenda roboh namun itu bukan tenda jemaah.

Lukman yang didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali dan Direktur Bina Khoirizi M Dasir menyisir tenda-tenda jemaah di maktab 21 sampai 23.

Lukman berinteraksi dengan warga yang ada di tenda-tenda. Dia menanyakan mengenai kondisi jemaah dan meminta maaf karena ada sebagian jemaah belum terdistribusikan makan malam.

"Mohon maaf ada yang sebagian belum menerima ya? Karena ada hujan dibarengin jadi proses penyiapan makanan menjadi terganggu. Mudah-mudahan segera didistribusikan," ujar Lukman di tenda yang ada di Maktab 21, Minggu (19/8/2018).

Lukman juga menginformasikan ada tenda yang roboh karena angin kencang. Namun itu bukan tenda jemaah. Tenda itu merupakan tenda sementara bagian dapur yang roboh karena terbuat dari bahan non permanen. Adapun jemaah haji menempati tenda permanen dengan bahan yang lebih kokoh.


Direktur Bina Haji Khoirizi Dasir mengatakan jemaah tak perlu panik dengan adanya hujan dan angin kencang. Hal tersebut, lanjut Khorizi, dianggap saja sebagai kejadian yang mendatangkan hikmah.

"Ambil saja hikmahnya. Dengan kejadian seperti ini kan membuat kita menjadi terus istighfar," ujar Khoirizi.

Hujan dan angin kencang mengguyur padang Arafah selama kurang dari satu jam. Sapuan angin turut serta membawa pasir. Karena kejadian ini listrik sempat mati.

"Kalau listrik itu memang sengaja dimatikan. Itu agar mencegah hal-hal korsleting dalam kondisi seperti ini," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali menambahkan.



Tonton juga video: 'Menag Jalan Kaki dan Naik Bus ke Masjidil Haram Bersama Jemaah'

[Gambas:Video 20detik]


(fjp/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed