DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 03:22 WIB

Laporan Dari Mekkah

Menag Kontak Maktab Soal Jemaah Tarwiyah Dapat Makan Ala Kadarnya

Fajar Pratama - detikNews
Menag Kontak Maktab Soal Jemaah Tarwiyah Dapat Makan Ala Kadarnya Foto: Menag Lukman Hakim Saifuddin (Fajar Pratama)
Mekkah - Di Twitter, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mendapatkan protes dari kerabat jemaah haji yang melaksanakan ibadah tarwiyah karena makanan yang 'ala kadarnya'. Meski jemaah tarwiyah tak difasilitasi pemerintah,Lukman tetap mengontak maktab yang mengurusi jemaah haji tersebut.

"Mungkin orang tuanya itu melakukan tarwiyah. Kalau Tarwiyah itu makanan ditanggung sendiri oleh jemaah karena kami tidak memfasilitasi," ujar Lukman saat berada di Arafah, Minggu (19/8/2018).


Lukman sudah mengecek jemaah haji yang mendapatkan makanan ala kadarnya tersebut. Jemaah itu berasal dari kloter SOC 23. Lukman mengambil tindakan.

"Kita sudah beri masukan kepada maktab (penyedia jasa layanan akomodasi dan transportasi) yang menangani, mengapa sampai diberikan makanan yang sangat sederhana seperti itu," ujar Lukman.


Tarwiyah adalah melakukan napak tilas perjalanan yang pernah dilakukan Nabi Muhammad SAW. Jemaah tarwiyah akan melakukan perjalanan dari Mekah ke Mina sejauh 14 kilometer menjelang tanggal 8 Zulhijah. Lalu, setelah itu perjalanan berlanjut keesokan harinya dari Mina ke Arafah untuk bergabung dengan jemaah lainnya yang berangkat dari Mekah, langsung ke Arafah untuk menjalani wukuf pada 9 Zulhijah.

Tarwiyah bukan merupakan rukun maupun wajib haji. Lukman dalam kesempatan sebelumnya mengatakan praktik tarwiyah tersebut tidak memungkinkan untuk dijembatani naqabah atau otoritas yang membawahi seluruh bus di Arab Saudi. Jumlah jemaah haji Indonesia 221 ribu, terlalu besar untuk dibawa melakukan perjalanan ke Mina sebelum ke Arafah.


Kerajaan Arab Saudi juga sudah menetapkan tahapan keberangkatan untuk pelaksanaan puncak haji. Dalam jadwal dari pemerintah Arab Saudi itu, tidak ada tahapan untuk melaksanakan tarwiyah lebih dulu.



Tonton juga video: 'Baru Dikontrak, Dapur Katering Nobles Taste 'Diubek-ubek' Menag'

[Gambas:Video 20detik]


(fjp/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +