DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 02:02 WIB

Pascagempa 7,0 SR, TerjadI 6 Kali Gempa Susulan

Audrey Santoso - detikNews
Pascagempa 7,0 SR, TerjadI 6 Kali Gempa Susulan Foto: Penghuni hotel di Mataram dievakuasi keluar gedung (dok.istimewa)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Jakarta - Gempa bumi dengan magnitudo 7,0 Skala Richter (SR) menguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), kemarin malam. Menurut data yang tertera di situs resmi Badan Meteorologi, KLimatologi dan Geofisika (BMKG), terjadi enam kali gempa susulan setelah gempa pertama.

Mengutip dari www.bmkg.go.id, gempa susulan pertama dengan kekuatan 5,6 SR terjadi pada pukul 22:16 Wita, Minggu (19/8/2018). Gempa susulan kedua berkekuatan 5,8 SR terjadi pada pukul 22:28 Wita.


Selanjutnya gempa susulan ketiga dengan kekuatan 5,0 SR terjadi pukul 22:45 Wita dan gempa susulan keempat 5,1 SR terjadi pukul 23:21 Wita. Kemudian gempa kelima 5,5 SR terjadi pada 23:37 Wita.

Sementara ini, gempa susulan keenam dengan kekuatan 5,2 SR terjadi pada Senin (20/8) pukul 01:23 Wita. Seluruh pusat gempa tercatat di Lombok Timur.


"(Gempa) Masih akan terjadi. Oleh karena itu tetap waspada tapi tidak panik," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kepada detikcom lewat sambungan telepon.

Dalam rilisnya, Dwikorita menjelaskan gempa yang terjadi Minggu malam kemarin berbeda dengan yang terjadi dua pekan lalu.


"Dengan memperhatikan lokasi episenter gempabumi M=6,9 yang terletak di ujung timur Pulau Lombok dan diikuti sebaran episenter gempa yang mengikutinya yang membentuk kluster episenter dengan sebaran ke arah timur hingga di sebelah utara Sumbawa Barat, maka dapat disimpulkan bahwa gempa yang terjadi merupakan aktivitas gempa baru yang berbeda dari gempa berkekutan M=7,0 yang terjadi pada 5 Agustus 2018," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom.



Tonton juga video: 'Gempa 7 SR Merupakan Gempa Utama'

[Gambas:Video 20detik]


(aud/nvl)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed