DetikNews
Minggu 19 Agustus 2018, 16:38 WIB

Anies Anggarkan Rp 500 Juta Revitalisasi Taman Ismail Marzuki

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Anggarkan Rp 500 Juta Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Fida-detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan merevitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM). Total anggaran untuk mempersiapkan revitalisasi adalah Rp 446 juta dalam APBD Perubahan 2018.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro mengatakan revitalisasi TIM dilakukan dalam rangka menyambut ulang tahun ke-50 TIM. Revitalisasi akan dimulai pada November 2018.



"Sekarang kita review kembali. Kita lihat aja reviewnya nanti. Bulan November entar ada launching revitalisasinya," kata Asiantoro ketika dihubungi wartawan, Minggu (19/8/2018).

Asiantoro mengatakan revitalisasi untuk melanjutkan sayembara masterplan revitalisasi TIM pada 2007 lalu. Asiantoro belum bisa menjelaskan konsep revitalisasi. Dia menyerahkan pada tim yang dibentuk Anies sesuai Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1018 Tahun 2018.

"Tahun ini TIM ulang tahun ke-50, ingin dikembalikan fungsinya seperti dulu di zaman Ali Sadikin," tutur Asiantoro.

Pemprov DKI menganggarkan honor sebesar Rp 273 juta untuk Tim Revitalisasi tersebut pada APBDP 2018. Anggota Tim Revitalisasi terdiri dari unsur pengelola TIM dan seniman dibutuhkan untuk memberi masukan terkait konsep revitalisasi.



Tim Revitalisasi diketuai oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta dan Kepala Dinas Pariwisata sebagai wakil ketua. Ada perwakilan seniman di dalam tim tersebut, yakni Arie Batubara, Arsono, Hidayat LPD, Yusuf Susilo Hartono, dan Mohamad Chozin.

Revitalisasi yang dilakukan saat itu meliputi perbaikan Gedung Teater Jakarta, Gedung Graha Bakti Budaya, serta Plaza Teater Jakarta. Ada pula perbaikan situs online TIM, revitalisasi kios kuliner di TIM, dan penyusunan buku standar operasional pemeliharaan dan perawatan gedung teater.



Tonton juga video: 'Anies Pamer Karya Seni Bambu di Bundaran HI'

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed