DetikNews
Minggu 19 Agustus 2018, 16:34 WIB

Ada 11 Pos Petugas Haji di Arafah, Ini Peta Lokasinya

Fajar Pratama - detikNews
Ada 11 Pos Petugas Haji di Arafah, Ini Peta Lokasinya Peta Pos Petugas Haji di Arafah (Foto: Dok. Kemenag)
Mekah - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) hari ini menggerakkan jemaah haji ke Arafah. Di Arafah, ada 11 pos petugas haji untuk membantu para jemaah.

Saat berada di Arafah, jemaah akan menempati tenda-tenda yang telah ditetapkan ke dalam zona Adhoc yang dibentuk oleh Satuan Operasional (Satop) Arafah-Muzdalifah-Mina (Armina). Kehadiran Satgas Arafah ini untuk membantu jemaah haji yang memerlukan bantuan di maktabnya masing-masing.

"Kehadiran petugas yang telah kita deploy (turunkan) dari Pos Adhoc 1 sampai 11 akan hadir di tengah-tengah jemaah sehingga kesulitan atau hal-hal yang menyangkut jemaah haji yang membutuhkan bantuan," kata Kepala Satop Armina Jaetul Mukhlis saat mengecek persiapan Satgas Arafah di Arafah.



Setelah menerima laporan dari jemaah, Satgas Arafah akan langsung responsif menindaklanjuti laporan itu. Di tiap maktab, akan ada 7 personel yang terdiri dari pengawas catering, pengawas maktab dan pelayanan umum.

"Dari 11 adhoc yang kita sebar tentunya yang permanen dari setiap maktab tidak kurang dari 7 personil mulai dari pengawas catering, pengawas maktab dan pelayanan umum," kata Jaetul.



Kekuatan personel yang bertugas di zona Adhoc tahun ini bertambah dari jumlah tahun lalu. Dengan adanya penambaha personel, potensi kerawanan diharapkan bisa diantisipasi.

Salah satu contoh potensi kerawanan adalah cuaca terik saat puncak wukuf. Petugas-petugas yang ada akan langsung mengantisipasi kerawanan tersebut.

"Tim Promotif dan Preventif (TPP) yang akan mengedukasi jemaah dan melihat cuaca yang ekstrim untuk tidak melakukan pergerakan diuar tendanya masing-masing," ujar Jaetul.


Tonton juga video: 'Kata Jamaah soal Pemerintah Tak Layani Konsumsi Jelang Puncak Haji'

[Gambas:Video 20detik]


(imk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed