DetikNews
Minggu 19 Agustus 2018, 10:57 WIB

Laporan Dari Mekah

Ini Waktu Larangan Lempar Jumroh Bagi Jemaah Haji Indonesia

Fajar Pratama - detikNews
Ini Waktu Larangan Lempar Jumroh Bagi Jemaah Haji Indonesia Foto ilustrasi: Jemaah melempar Jumroh. (Triono S/detikcom).
Jakarta - Hari ini jemaah haji Indonesia secara bergelombang bergerak dari Mekah menuju Arafah kemudian ke Muzdalifah dan Mina. Saat tahapan lempar jumroh, jemaah harus mengingat betul ada waktu-waktu larangan bagi jemaah haji Indonesia.

"Untuk melempar jumroh, harus diperhatikan betul ada waktu-waktu yang diharamkan bagi jemaah Indonesia," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam petunjuk strategis pelaksanaan Armina, Minggu (19/8/2018).



Dia meminta petugas haji untuk menyosialisasikan waktu lempar jumroh ini sejak awal. Masih ada waktu untuk terus menyebarkan informasi ini kepada jemaah.

"Diharamkan bukan secara syar'i namun diharamkan karena akan bersamaan waktunya dengan jemaah haji negara lain. Akan sangat rawan," ujar Lukman.


Waktu larangan untuk waktu lempar jumroh pada tanggal 10,11 dan 12 Dzulhijah ini berbeda-beda. Ketua Panitia Penyelenggara Arab Saudi Ahmad Dumyathi telah memberikan surat yang bersifat teknis kepada kepala sektor mengenai waktu-waktu larangan tersebut. Berikut ini adalah surat berisi waktu-waktu yang harus dihindari itu:

Ini Waktu Larangan Lempar Jumroh Bagi Jemaah Haji IndonesiaFoto: Surat soal waktu-waktu yang harus dihindari di lempar jumroh. (Dok Istimewa)


Tonton juga video: 'Suasana Nabawi Setelah Ditinggal Jemaah Indonesia'

[Gambas:Video 20detik]


(fjp/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed