DetikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 16:21 WIB

Sekjen PKB Masuk Jadi Jubir Jokowi-Ma'ruf

Dwi Andayani - detikNews
Sekjen PKB Masuk Jadi Jubir Jokowi-Maruf Johnny G Plate-Hasto Kristiyanto-Abdul Kadir Karding. (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Koalisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin tengah mempersiapkan juru bicara untuk kampanye. Sekjen PKB Abdul Kadir Karding menjadi salah satu sekjen yang ditunjuk sebagai jubir.

"Juru bicara salah satunya yang sebelah kiri ini (Abdul Kadir Karding), karena beliau juga dulu menjalankan tugas itu," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristyanto menunjuk Karding, yang berada di sebelahnya, di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Sabtu (18/8/2018).

Hasto mengatakan nantinya yang ditunjuk menjadi jubir hanya berkisar 5 orang. Selain jubir, terdapat 200 influencer yang nantinya akan dipersiapkan dengan baik.

"Itu kan proses 'penyetingan' biar keren, proses penyaringan seperti jubirnya hanya lima. Kita membentuk tim kampanye nasional sekaligus dibentuk pasangan calon seleksi sebaik-baiknya, melihat kompetensi," kata Hasto.


"Yang kita maksud para influencer juru kampanye kami persiapkan sebaik-baiknya, karena besar mencakup 80 daerah pemilih untuk DPR RI segala sesuatunya dipersiapkan dengan baik," sambungnya.

Soal kepastian posisi Wapres Jusuf Kalla di tim sukses Jokowi, Hasto mengatakan nantinya akan dikaji lebih jauh. Namun, menurutnya, JK merupakan tokoh nasional yang saat ini menjadi satu kesatuan dengan Jokowi.

"Ya nanti akan diumumkan karena ini kan momentum politik juga siapa ketua tim kampanyenya. Tetapi Pak JK merupakan tokoh nasional, wakil presiden, beliau adalah satu kesatuan dengan Pak Jokowi," kata Hasto.

Terkait cara kampanye, dia mengatakan setiap pasangan memiliki strategi masing-masing. Hasto mengatakan Koalisi Indonesia Kerja memiliki strategi khusus.


"Kalau namanya kampanye kan memenangkan hati rakyat, kalau caranya gimana ya masing-masing punya strategi. Dan kami punya strategi khusus, karena bagaimanapun juga Pak Jokowi punya gabungan partai politik dengan kekuatan 62 persen," tuturnya.

Hasto juga mengatakan Jokowi memiliki hal positif untuk disampaikan kepada masyarakat. Salah satunya terkait rekam jejak yang baik dengan figur yang sederhana.

"Pak Jokowi figur yang bersih, Kiai Ma'ruf juga figur yang sederhana. Pak Jokowi sosok pekerja keras, bukan sosok yang punya track record yang kurang baik. Kariernya muncul dari bawah, itu kan hal yang positif yang dapat disampaikan," sebut Hasto.
(dwia/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed