DetikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 13:52 WIB

Joni Pemanjat Tiang Sering Diminta Tolong Ibu Ambilkan Asam

Eva Safitri - detikNews
Joni Pemanjat Tiang Sering Diminta Tolong Ibu Ambilkan Asam Joni, siswa SMP pemanjat tiang bertemu dengan Menpora Imam Nahrawi (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Yohanes Ande Kala alias Joni bisa bertemu Menpora Imam Nahrawi karena video aksi memanjat tiang bendera saat upacara HUT ke-73 RI viral. Joni mengungkapkan cerita dirinya yang memanjat tiang untuk membetulkan tali bendera.

Joni mengaku saat upacara digelar, dia tidak dalam kondisi sehat. Kemudian, saat tali bendera tersangkut, Wakil Bupati Belu JT Ose Luan meminta hadirin upacara untuk membetulkan tali yang tersangkut di puncak tiang.


Dengan sigap, Joni mencopot sepatu dan memanjat tiang bendera.

"Ceritanya begitu perut sakit terus ke tenda saya tidur terus saya dengar Bapak Wakil Bupati bilang siapa yang bisa panjat tiang bendera ini? Langsung saya lari buka sepatu naik tiang bendera," kata Joni di kantor Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

Saat itu, Joni tengah memang jadi salah satu peserta upacara. Namun karena sakit, dia ada di luar barisan peserta upacara.


Joni mengaku memang sering memanjat pohon. Beberapa pohon yang biasa dipanjatnya yakni pohon asam, pinang, dan kelapa.

Ibunda Joni, Lorenca Gama, pun mengatakan hal senada. Dia sering meminta bantuan anaknya untuk mengambil asam.

"Dia bantu orang tua, tidak, dia tidak nakal. Dia suka petik asam kalau pulang sekolah itu bantu mama," ujar Lorenca di lokasi yang sama.


Hotman Paris Siap Beri Yohanis 'Pemanjat Tiang' Rp 25 Juta, Simak Videonya:


(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed