DetikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 09:49 WIB

PKS Masih Bahas Nama Ahmad Syaikhu-Mardani untuk Wagub DKI

Arief Ikhsanudin - detikNews
PKS Masih Bahas Nama Ahmad Syaikhu-Mardani untuk Wagub DKI Suhud Aliyudin (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Proses penunjukan Wakil Gubernur DKI Jakarta usai Sandiaga Uno mundur masih panjang. PKS sebagai salah satu partai pengusung Sandi masih menggodok nama calon di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah DKI Jakarta. Dua nama menguat.

"Spekulasi nama kan sudah berkembang yang ada di DPW, ada Pak (Ahmad) Syaikhu, Pak Mardani. Kalau Pak Ahmad Heryawan kan sudah tidak mungkin. Jadi seputar nama itu yang kemungkinan muncul. Tapi sampai sekarang belum di-SK-kan di DPP, soalnya kan pembahasan ada di DPW DKI," ucap Direktur Pencapresan PKS Suhud Aliyudin saat dihubungi detikcom, Jumat (17/8/2019).

Calon yang diajukan DPW harus mendapat persetujuan dari DPP PKS. Setelah itu, akan dibahas dalam rapat paripurna pengunduran diri Sandiaga Uno.

"Diresmikan siapanya di DPP. DPP hanya resmikan, mekanisme pembahasan siapa, di level DKI. Karena mereka yang domain DPW DKI. Jadi sekarang ini kita ikuti mekanisme yang ada dan proses masih panjang. Kan Pak Sandi juga belum secara resmi, DPRD belum lakukan paripurna, setelah itu pengajuan nama dan kita juga belum tahu Gerindra calonkan siapa dan PKS masih dalam pembahasan," ucap Suhud.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan siap bekerja sama dengan wagub pengganti Sandiaga Uno. Posisi Wagub DKI, kata Anies, diusulkan PKS.

"Ada kesepakatan PKS dan Gerindra untuk wagub akan diusulkan PKS. Saya siap bekerja sama dengan siapa saja, dalam ini saya siap," kata Anies, Rabu (15/8).

Saat disodori nama Ahmad Syaikhu dan Mardani Ali Sera, Anies merespons positif. Anies siap bekerja sama. Namun usulan nama wagub, menurut Anies, baru akan dibahas setelah ada keputusan presiden soal pemberhentian Sandiaga Uno sebagai Wagub DKI.

"Bang Mardani, ketua tim pemenangan tahu persis, interaktif. Pak Syaikhu belum berinteraksi langsung. Saya percaya PKS mengusulkan nama yang bisa bekerja sama dengan Gubernur. PKS tahu betul kesuksesan di Jakarta ditentukan kemampuan dua orang ini bekerja sama. Saya percaya persis mereka akan memberikan nama-nama yang bisa dijadikan partner," sambung dia.


Soal Pengganti Sandi, Anies Pilih Siapa? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed