DetikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 07:24 WIB

Masakan Nusantara Meriahkan HUT RI di Athena dan Toronto

Arief Ikhsanudin - detikNews
Masakan Nusantara Meriahkan HUT RI di Athena dan Toronto Perayaan HUT ke 73 RI di Athena, Yunani. (Dok. KBRI Athena).
Jakarta - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI) di Athena Yunani, dan Toronto Kanada dimeriahkan dengan berbagai masakan Nusantara. Para WNI bisa mengobati kerinduan mereka akan Tanah Air melalui makanan tersebut.

Dari keterangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Athena, Sabtu (18/8/2018), perayaan HUT RI dilaksanakan dengan upacara bendera di Wisma Duta Besar RI di Athena. Disuguhkan bazar makanan Nusantara kepada WNI maupun diaspora Indonesia yang ada di sana.

"KBRI Athena telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti Pesta Rakyat tanggal 8 Juli 2018 yang lalu yang diisi dengan berbagai pertandingan olahraga seperti futsal, voli, badminton, tarik tambang, balap karung, gaple serta permainan anak-anak, yakni dart, balap kelereng, dan balap ekor kuda. Selain itu, kegiatannya juga dipenuhi dengan bazar makanan khas Indonesia oleh masyarakat Indonesia seperti pecel, sate madura, bakso, tempe, cendol dan es dawet," tulis KBRI Athena dalam keterangannya.


Selain itu, Duta Besar RI untuk Yunani, Ferry Adamhar memberikan penghargaan kepada dua orang warga Yunani yang dianggap berjasa. Mereka adalah Dimitrios Ramoglou (Konsul Kehormatan Indonesia di Thessaloniki) dan George Tsounas (Konsul Kehormatan Yunani untuk Indonesia tahun 1966-2008).

"Keduanya merupakan warga negara Yunani yang memiliki dedikasi dalam hubungan kedua negara, terutama Mr George Tsounas yang memiliki kecintaan terhadap Indonesia dan merupakan salah satu tokoh yang mendorong dibukanya Kedutaan Besar RI di Athena pada tahun 1997," kata KBRI Athena.

Sementara itu, perayaan HUT RI di Toronto, Kanada dilakukan dengan proses potong tumpeng setelah pelaksanaan upacara bendera di KJRI Toronto.

Konsul Jenderal RI Toronto, Leonard F Hutabarat, menyerahkan potongan tumpeng kepada sesepuh diaspora Indonesia Patricia Barnabas. Ibu Patricia yang berasal dari Sulawesi Utara sudah lebih dari 48 tahun tinggal di Kanada.
Masakan nusantara dalam perayaan HUT ke 73 RI di KJRI TorontoMasakan nusantara dalam perayaan HUT ke 73 RI di KJRI Toronto Foto: Dok. KJRI Toronto

"Meskipun telah berganti kewarganegaraan, namun kecintaannya terhadap Indonesia tidak pernah luntur. Ibu Patricia senantiasa hadir dalam setiap pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI atau pun kegiatan lain yang diselenggarakan oleh KJRI Toronto," kata KJRI Toronto dalam keterangannya.

Dalam acara ramah tamah KJRI Toronto, dihidangkan kuliner khas nusantara seperti putu ayu, kue sus, pastel, nasi kuning, empal gepu, perkedel jagung, semur daging, ayam panggang, sayur urap, dan kering kentang.

Hidangan tersebut menurut beberapa tamu undangan, mampu mengobati kerinduan akan makanan khas Indonesia.
(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed