detikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 04:30 WIB

Gelar Upacara HUT ke-73 RI, KBRI Teheran Pastikan Iran Kondusif

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Gelar Upacara HUT ke-73 RI, KBRI Teheran Pastikan Iran Kondusif Ilustrasi bendera merah putih (Istimewa).
Jakarta - KBRI Teheran, Iran turut melangsungkan upacara HUT ke-73 RI. KBRI Teheran memastikan kondisi di Iran cukup kondusif.

Berdasarkan keterangan KBRI Teheran, Sabtu (18/8/2018), upacara digelar di Wisma Indonesia di Teheran, Jumat (17/8). Upacara dihadiri masyarakat Indonesia dan diaspora Indonesia yang datang dari berbagai kota di Iran (Teheran, Kharaj, Mashaad, Qom, Isfahan, Gorgan dan Hamedan), warga negara Iran sebagai tamu undangan, dan media setempat. Setelah upacara, diadakan berbagai perlombaan menarik yang diikuti peserta dari usia balita hingga dewasa serta pembagian hadiah.

"Kondisi Iran cukup kondusif bagi WNI dan diaspora di Iran juga bagi WNI yang datang dari Indonesia atau pun dari mana saja untuk berkunjung," ujar Duta Besar RI untuk Iran, Octavino Alimudin.


"Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya WNI yang datang dan mengikuti berbagai kegiatan olahraga, penelitian, jurnalis, perdagangan, budaya dan pariwisata di Iran. Pemerintah Iran senantiasa mendukung setiap kegiatan yang dilakukan terutama terkait Indonesia dan peningkatan hubungan bilateral kedua negara," imbuh dia.

Meski demikian, Octavio menyarankan agar masyarakat dan diaspora Indonesia terus berkomunikasi.

Octavio lanjut bicara soal pesta demokrasi 2019. Di Iran, Octavio menyebut Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN) Teheran telah dibentuk. Terkait pemilu, tercatat seluruh WNI di Iran telah terdaftar untuk berpartisipasi aktif memberikan hak suara pada April 2019 di 2 TPS, yaitu di Teheran dan Qom.

"KBRI Teheran juga tengah meningkatkan sistem pelayanan terbaik untuk WNI di Iran agar setiap permasalahan dapat diketahui dan ditangani secepatnya. Untuk kepentingan tersebut, masyarakat dan diaspora Indonesia dihimbau untuk lebih komunikatif dan terbuka dalam menyampaikan gagasan-gagasan atau permasalahan yang dihadapi," bunyi keterangan tertulis KBRI Teheran.
(gbr/aik)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com