DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 18:27 WIB

Ini Jalan yang Ditutup saat Pembukaan Asian Games

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Ini Jalan yang Ditutup saat Pembukaan Asian Games Kakorlantas Irjen Royke Lumowa bersama Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf meninjau titik-titik jalan yang akan ditutup pada saat pembukaan besok (Foto: Parastiti Kharisma Putri/detikcom)
Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa meninjau titik-titik ruas jalan yang akan ditutup saat pembukaan Asian Games besok. Ada 6 ruas jalan sekitar Gelora Bung Karno (GBK) yang akan ditutup.

"GBK dan sekitarnya kami akan melakukan sterilisasi untuk lalinnya di titik-titik tertentu. Dimana titik-titik penutupan ini kami bagi 6 zona pengamanan," kata Royke saat meninjau titik penutupan di Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (17/8/2018). Dia didampingi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf.

Enam titik tersebut antara lain:
1. Pertigaan Pakubuwono-Hang Lekir hingga SPBU dekat Kampus Mustopo,
2. Jalan Asia Afrika,
3. Jalan Patal Senayan,
4. Jalan Gatot Subroto,
5. Jalan Pintu 1 GBK, dan
6. Jalan Jenderal Sudirman.

Penutupan jalan pun dibagi dalam dua ring. Sekitar pertigaan Pakubuwono-Hang Lekir dan Patal Senayan termasuk dalam zona penyaringan kendaraan. Sedangkan Jalan Asia Afrika, Pintu 1 GBK, Jalan Gerbang Pemuda, serta Jalan Gelora termasuk zona steril dari kendaraan.

Penutupan dilakukan mulai besok pagi, Sabtu (18/8) pukul 10.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Royke mengimbau bagi warga yang ingin menonton pembukaan Asian Games untuk memarkirkan kendaraannya di tempat yang telah ditentukan.
Pengalihan arus saat pembukaan Asian Games besokPengalihan arus saat pembukaan Asian Games besok (Foto: Dok. Ditlantas Polda Metro Jaya)
"Waktu penutupannya mulai dari jam 10.00 WIB sampai jam 23.00 WIB. Penonton (pembukaan Asian Games) kendaraannya silakan diparkir di tempat-tempat parkir yang dekat tempat kami. Misalnya di sekitar SCBD, kalau nyetir sendiri parkir dulu kemudian jalan kaki lewat JPO ke jalan Sudirman," sebut Royke.

"Atau di drop di pintu 6 dan 7 di Jl Sudirman. Ada kantong parkir lain juga di Plaza Senayan, di Senayan City, (untuk tamu) VIP (parkir)nya di Hotel Fairmount, kemudian di kantor Kehutanan Manggala Wanabakti," sambungnya.

Berdasarkan hal tersebut, ia pun menyarankan agar warga Jakarta menggunakan fasilitas kendaraan umum untuk melalui wilayah GBK untuk mengurangi kemacetan. "Kami sarankan, silakan menggunakan fasilitas angkutan umum menuju GBK atau berjalan kaki untuk menghindari kepadatan atau kemacetan di sekitar GBK," tutup Royke.

Berikut pengalihan arus akibat penutupan jalan-jalan tersebut:
1. Flyover Senayan dan Ladogi
- Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi
- Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda

2. Pintu FX Senayan atau Jalan Pintu I Senayan
- Penutupan pintu FX Senayan/Jalan Pintu I Senayan
- Kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi
- Pintu masuk FX Sudirman yang melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar-masuk kendaraan dan pintu keluar yang melalui Jalan Pintu I Senayan ditutup

3. Jalan Hang Lekir
- Arus lalin dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya

4. Perempatan Patal Senayan
- Kendaraan dari arah Patal Senayan 1 yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika diarahkan berputar balik atau dibelokkan ke kiri arah Jalan Senayan 2/Permata Hijau

5. Traffic Light Palmerah
- Kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan di TL Palmerah menuju ke arah Jalan Tentara Pelajar-Permata Hijau
(yas/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed