DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 15:08 WIB

Untuk Pertama Kali, PLBN Entikong Jadi Tempat Upacara HUT RI

Rahmatia Miralena - detikNews
Untuk Pertama Kali, PLBN Entikong Jadi Tempat Upacara HUT RI Upacara peringatan kemerdekaan ke-73 RI di PLBN Entikong. (Rahmatia Miralena/detikcom)
Jakarta - Ratusan orang memadati halaman pos lintas batas Indonesia-Malaysia. Berbagai instansi mengikuti upacara HUT ke-73 RI dengan khidmat.

Pantauan di lokasi, para peserta upacara sudah berkumpul di PLBN Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat (17/8/2018) sekitar pukul 07.00 WIB. Para peserta mulai mengadakan upacara bendera pukul 08.00 WIB.

Upacara dipimpin oleh Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Harry Purwanto selaku inspektur upacara. Mulai dari TNI-Polri, Kopri, hingga para siswa-siswi sekolah turut menjadi peserta upacara.



Upacara dimulai dengan detik-detik Proklamasi, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, doa kenegaraan, dan ditutup dengan pengibaran bendera merah putih.

Untuk Pertama Kali, PLBN Entikong Jadi Tempat Upacara HUT RIFoto: Upacara peringatan kemerdekaan ke-73 RI di PLBN Entikong. (Rahmatia Miralena/detikcom)

Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Entikong Viktorius Dunand mengatakan upacara bendera HUT RI untuk pertama kalinya dilaksanakan di PLBN. Sebelumnya, upacara dilaksanakan di kantor kecamatan Entikong.



"PLBN Entikong untuk 2018 ini pertama kalinya upacara bendera 17 Agustus diselenggarakan di PLBN Entikong, sebelum belumnya diselenggarakan di Kecamatan" ucap Viktorius

Upacara bendera selesai pada pukul 08.30 WIB. Acara dilanjutkan dengan peragaan busana adat khas Kalimantan serta pelepasan balon merah putih dengan spanduk bertuliskan Dirgahayu RI ke-73.



Rencananya, upacara penurunan bendera akan dilaksanakan di halaman PLBN pukul 16.00 WIB nanti. Camat Entikong, Suparman akan menjadi inspektur upacara.

Untuk Pertama Kali, PLBN Entikong Jadi Tempat Upacara HUT RIUpacara peringatan kemerdekaan ke-73 RI di PLBN Entikong. (Rahmatia Miralena/detikcom)

Tonton juga video: 'Khidmat Upacara di Ketinggian 2.000 mdpl'

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed