DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 12:53 WIB

UPK Badan Air Upacara HUT Ke-73 RI di Waduk hingga Kali

Jabbar Ramdhani - detikNews
UPK Badan Air Upacara HUT Ke-73 RI di Waduk hingga Kali Petugas UPK Badan Air menggelar upacara peringatan HUT ke-73 RI di Waduk Setu Cipayung. (Foto: Instagram UPK Badan Air)
Jakarta - Petugas UPK Badan Air juga menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-73 RI. Beberapa dari mereka ada yang menggelar upacara bendera di waduk hingga kali.

Momen ini diunggah lewat akun Instagram @upkbadanairdlhdki. Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud nyata mereka untuk berjuang agar aliran air di Jakarta bebas sampah.

"Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-73. Kami anak-anak bangsa akan terus berbakti padamu. Kami akan terus berjuang untuk menciptakan lingkungan Kota Jakarta yang bebas dari sampah sebagai bentuk bakti kami kepada Ibu Pertiwi," demikian keterangan yang mereka tulis seperti dilihat detikcom, Jumat (17/8/2018).

Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka HUT RI Ke-73 yang dilakukan oleh team UPK Badan Air Kecamatan Cakung. Upacara dilakukan di Waduk Aneka Elok, Kelurahan Penggilingan Kecamatan Cakung. Upacara dilakukan di waduk untuk meneruskan tradisi yang dilakukan oleh Pemantau-pemantau terdahulu sebagai bentuk pengabdian untuk tetap menjaga wilayah air di Kecamatan Cakung tetap bersih dan indah. Merdeka!!!. . @dkijakarta @dinaslhdki @aniesbaswedan @sandiuno @isnawa_adji @alimaulanahakim @peduli.jakarta @infojkt24 @jakartamajubersama @tribunnews @detikcom @kompascom @metrotv @koransindo @tirtoid @kumparancom @netmediatama @info_betawi @jktinfo @popular_jakarta @tajukjakarta @jakarta.ku @beritajakarta @jakarta_terkini @liputan6 @tvrinasional @okezonecom @tempodotco @mediaindonesia . #upkbadanair #dinaslhdki #pasukanorange #bersihbisakok #jakartabebassampah #jakartabebassampah2020 #welovejakarta #lesswastemoregames #dirgahayuri73

A post shared by UPK Badan Air DLH DKI (@upkbadanairdlhdki) on Aug 16, 2018 at 7:37pm PDT


Setidaknya ada empat upacara yang mereka gelar dalam kondisi kaki terendam air. Foto pertama menunjukkan para petugas UPK Badan Air yang mengikuti upacara di Waduk Aneka Elok, Penggilingan, Cakung. Upacara seperti ini, kata mereka, merupakan tradisi para pemantau wilayah air di Cakung.

"Upacara dilakukan di waduk untuk meneruskan tradisi yang dilakukan oleh pemantau-pemantau terdahulu sebagai bentuk pengabdian untuk tetap menjaga wilayah air di Kecamatan Cakung tetap bersih dan indah. Merdeka!!!" tulis mereka.

Salah satu yang menarik ialah upacara yang dilakukan di Waduk Setu Cipayung. Sebanyak 300 personel mengikuti upacara dan membentuk tulisan 'HUT RI 73'.


Selain itu, upacara peringatan digelar di Kali Cipinang, Jatinegara. Mereka berbaris rapi dengan hormat kepada Sang Merah Putih.

Kegiatan Upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 yang dilakukan oleh team UPK Badan Air Kecamatan Kebayoran Lama. Upacara dilakukan di Kali Grogol Jl. Marga Guna Kecamatan Kebayoran Lama yang sudah bersih berkat kerja keras #PasukanOrange. Tetap dalam semangat kemerdekaan untuk menciptakan kali-kali di Jakarta yang bersih! . @dkijakarta @dinaslhdki @aniesbaswedan @sandiuno @isnawa_adji @alimaulanahakim @peduli.jakarta @infojkt24 @jakartamajubersama @tribunnews @detikcom @kompascom @metrotv @koransindo @tirtoid @kumparancom @netmediatama @info_betawi @jktinfo @popular_jakarta @tajukjakarta @jakarta.ku @beritajakarta @jakarta_terkini @liputan6 @tvrinasional @okezonecom @tempodotco @mediaindonesia . #upkbadanair #dinaslhdki #pasukanorange #bersihbisakok #jakartabebassampah #jakartabebassampah2020 #welovejakarta #lesswastemoregames #dirgahayuri73 #SemangatKemerdekaan

A post shared by UPK Badan Air DLH DKI (@upkbadanairdlhdki) on Aug 16, 2018 at 9:16pm PDT


"Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 yang dilakukan oleh UPK Badan Air Kecamatan Jatinegara di Kali Cipinang. Bentuk nyata pengabdian UPK Badan Air terhadap kemerdekaan kali, waduk, danau di Jakarta dari sampah. Merdeka!" tulis mereka.

Selain menggelar upacara dalam rendaman air, petugas UPK Badan Air ada yang upacara di tanah kering. Mereka tampak mengikuti upacara menggunakan seragam dinas sehari-hari.



Tonton juga video: 'Rayakan Kemerdekaan RI, Mahasiswa IAIN Buat 110 Tumpeng'

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed