DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 11:20 WIB

Anies Ungkap Alasan Pemprov DKI Upacara HUT RI di Lapangan Banteng

Ibnu Hariyanto - detikNews
Anies Ungkap Alasan Pemprov DKI Upacara HUT RI di Lapangan Banteng Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Berbeda dari tahun sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta kali ini menggelar upacara HUT ke-73 RI di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Apa alasannya?

"Ya jadi kita selama ini upacara menggunakan tempat parkir suasananya tidak sakral, bahkan terkesan seperti tidak rapi kanan-kiri poster-poster, warung kanan-kiri," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seusai upacara peringatan HUT RI ke-73 di Lapangan Banteng, Jumat (17/8/2018).

Anies menganggap suasana lapangan parkir IRTI Monas yang biasa digunakan untuk upacara tidak pas. Menurut Anies, Purna Eka Paskibraka DKI juga menginginkan lokasi upacara bendera yang lebih representatif.



"Kemudian teman-teman dari Purna Eka Paskibraka DKI waktu itu mengirimkan usulan kepada kita untuk upacara 17 Agustus tidak diselenggarakan di arena parkiran, tapi diselenggarakan di tempat yang lebih representatif," sambungnya.

Karena itu, Pemprov DKI memutuskan melaksanakan upacara peringatan Kemerdekaan HUT RI di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

"Merespons usulan itu, kita lihat beberapa lokasi kemudian kita tentukan di Lapangan Banteng ini," sebut Anies.

Upacara peringatan Kemerdekaan RI di Lapangan Banteng dimulai sekitar pukul 07.30 WIB. Anies mengajak seluruh peserta upacara mengingat perjuangan para pendiri bangsa.

"Pagi ini kita kibarkan bendera Merah Putih hanya 3 menit tapi saat pertama kali dikibarkan diperlukan puluhan tahun. Maka di usia ke-73 mari kita ingat semangat para pendiri bangsa," kata Anies dalam sambutannya.



Tonton juga video: 'Prosesi Kirab Sang Saka Merah Putih ke Istana'

[Gambas:Video 20detik]




(ibh/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed