DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 07:57 WIB

HUT ke-73 RI, Para Pengawal Jokowi Berbusana Adat Nusantara

Ray Jordan - detikNews
HUT ke-73 RI, Para Pengawal Jokowi Berbusana Adat Nusantara Para personel Paspampres pengawal Jokowi berbusana adat. (Ray Jordan/detikcom)
FOKUS BERITA: HUT RI Ke-73
Jakarta - Para anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang biasa mengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi), di upacara peringatan HUT ke-73 RI hari ini tampil beda. Mereka tampak mengenakan busana adat dari berbagi wilayah Indonesia.

Pantauan detikcom, Jumat (17/8/2018), para anggota Paspampres sebagian tampak mengenakan pakaian adat khas berbagai daerah Indonesia, seperti Jawa Barat, Sumatera Barat, Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi, dan lain-lain. Mereka tampak bersiaga di area sekitar Istana Kepresidenan, Jakarta. Pakaian adat ini juga dikenakan oleh anggota Paspampres perempuan.

Beberapa di antara mereka berjaga di depan Istana Merdeka, ada juga yang berjaga di sisi samping Istana Merdeka.


Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono mengaku tidak anggotanya tidak merasa kerepotan mengenakan pakaian adat dalam tugas mengawal Presiden. Terlebih, pakaian adat yang dikenakan sudah disesuaikan dengan ukuran dan gaya kerja Paspampres.

"Repot sih nggak. Kita cari desain pakian yang kita tetap bisa bergerak mudah, tidak mengganggu pergerakan kita. Kalau ada emergency kita bisa manuver dengan cepat. Orang yang sewa baju kita panggil ke sini," kata Suhartono di Istana Merdeka, Jakarta.


Tak hanya Paspampres, pantauan detikcom, para tamu upacara HUT ke-73 RI juga tampak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Mereka memenuhi bangku tamu yang disediakan di sisi barat Istana Merdeka.
(rjo/dnu)
FOKUS BERITA: HUT RI Ke-73
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed