DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 22:30 WIB

Bertemu di Jakarta, Ini yang Dibahas Sandiaga-Gus Ipul

Ibnu Hariyanto - detikNews
Bertemu di Jakarta, Ini yang Dibahas Sandiaga-Gus Ipul Sandiaga Uno bertemu dengan Gus Ipul di Jakarta. (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Bakal cawapres Sandiaga Uno bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Gus Ipul mengatakan pertemuannya dengan Sandiaga sebagai pertemuan persahabatan.

"Saya ucapkan selamat, semoga sukses. Sebagai teman, sebenarnya ini ucapan terima kasih saya kemarin, setidaknya telah membantu. Partai Gerindra kan salah satu yang mendukung kami. Ini pertemuan persahabatan," kata Gus Ipul di Restoran Meradelima, Kebayoran Baru, Jaksel, Kamis (16/8/2018).

Dia mengatakan Sandiaga sempat ke Jatim saat dirinya maju dalam Pilgub Jatim. Saat itu, Gus Ipul mengatakan Sandiaga banyak memberi masukan soal ekonomi.


Gus Ipul menampik kabar bahwa pertemuan ini dikaitkan dengan pembahasan pilpres. Dia mengatakan dalam pertemuan ini mereka membahas persoalan Indonesia. Isi pertemuan tak berbeda jauh dengan yang dibahas di PBNU saat Sandiaga bersama Prabowo Subianto berkunjung.

"Intinya sama dengan yang disampaikan PBNU, masalah-masalah utama bisa diselesaikan dengan baik, masalah ekonomi, masalah keamanan, dan tentu menghadirkan pemerintahan yang bersih dan kuat, menyejahterakan rakyat, dan demokrasi ini berjalan lancar dan penuh kejujuran," ujar dia.

Gus Ipul mengatakan sempat membahas pengembangan ekonomi di pondok pesantren bersama Sandiaga. Dia mengatakan konsep ini sudah dirintis Sandiaga sejak bulan puasa lalu.


Di lokasi yang sama, Sandiaga menyebut Gus Ipul sebagai sosok yang berpengalaman dalam pemerintahan. Dalam pertemuan dua sahabat ini, mereka membahas program kewirausahaan santri.

"Silahturahmi antarsahabat, saya sekalian sowan karena beliau lebih berpengalaman di pemerintahan. Kita sepakat bicara pemerintahan yang kuat, pemerintahan yang berfokus di bidang ekonomi. Tadi ada berbagai program 'santripreneur', tentang kewirausahaan di Jatim dengan pesantren-pesantren," ujar Sandiaga.

Sandiaga mengatakan berencana bertemu dengan Gus Ipul di PBNU. Namun pertemuan akhirnya berpindah di Jaksel karena pesawat yang ditumpangi Gus Ipul tidak pas waktunya dengan agenda pertemuan sore tadi.


Setelah itu, dia diminta Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj menemui Gus Ipul. Sandiaga mengatakan akan terus bertemu dengan tokoh nasional untuk minta restu terkait pencalonannya pada Pilpres 2019.

"Ya, kita terus lakukan silaturahim. Ini masih dalam tahap tentunya mohon doa restu juga bagi tokoh bangsa karena Jatim juga salah satu mungkin provinsi yang paling kita ingin kembangkan ekonominya. Jadi kita harus dengar dari tokoh-tokoh dari Pak Wagub sendiri Jatim dan anak mudanya seperti apa, emak-emaknya seperti apa. 'Pamud-pamud'-nya, papa muda, kita harus mendapat dari kearifan lokalnya Pak Wagub," ungkapnya.
(jbr/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed