DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 20:02 WIB

Pengganti Jembatan 'Indiana Jones' di Jagakarsa Sudah Jadi

Matius Alfons - detikNews
Pengganti Jembatan Indiana Jones di Jagakarsa Sudah Jadi Anak-anak bermain di jembatan yang baru dibangun sebagai pengganti jembatan 'Indiana Jones'. (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Pembuatan pengganti jembatan 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, sudah rampung. Beberapa warga langsung mencoba jembatan ini.

Pantauan detikcom, jembatan tersebut memiliki warna dominan oranye dan hijau. Tampak warga yang datang berfoto-foto dan ada juga orang tua yang membawa anak-anaknya untuk bermain.

Ada juga anak-anak kecil yang berlarian di atas jembatan. Tak tampak ketakutan di muka mereka.


Seorang warga, Ray, datang bersama anaknya. Dia mengatakan adanya jembatan baru ini sangat membantu masyarakat. Sebelumnya, dia mengaku sering ketakutan saat menyeberang jembatan 'Indiana Jones'.

"Sering (lewat sini), ya agak-agak ngerilah yang pasti. Karena kan goyang-goyang kalau dilewati. Yang jembatan baru ini mah sudah kokoh, sudah bagus, sudah berani banget, bahkan sampai ngajak anak-anak main ke sini," kata Ray.


Saat detikcom menjajal jembatan yang dinamai Wiratman Karkasa itu, bagian lantai jembatan terasa kokoh saat diinjak. Jembatan baru ini lebih lebar dibanding jembatan yang lama. Hanya, jembatan masih terasa goyang saat anak-anak kecil melompat-lompat.

Jembatan yang menghubungkan Cimanggis, Depok, dengan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, ini diresmikan pada Kamis (16/8) pagi tadi. Jembatan ini hanya bisa dilewati oleh pejalan kaki dan tidak bisa dilewati sepeda motor.


"Ini peresmian baru pagi ini, jadinya kemarin. Ini sudah 6 bulan dikerjakan. 10 hari yang lalu Anies sempat datang ngontrol ke sini, tapi juga belum jadi. Itu baru kerangka saja, papan-papan ini kemarin datang. Jadi baru kemarin ini jadi, hari ini peresmian," kata seorang warga lainnya, Haji Surni.

Meski jembatan baru sudah dibangun, jembatan 'Indiana Jones' yang mengerikan belum dibongkar. Jembatan itu berada pada posisi lebih rendah dari jembatan yang baru dan masih digunakan warga.
(jbr/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed