DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 18:43 WIB

PD: AHY hingga Amir All-Out Dukung Prabowo-Sandiaga

Andhika Prasetia - detikNews
PD: AHY hingga Amir All-Out Dukung Prabowo-Sandiaga Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat mendaftar Pilpres 2019 ke KPU. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief menyebut partainya tidak akan mengkampanyekan cawapres Sandiaga Uno. Pernyataan tersebut ditepis elite PD lainnya.

"Saya berpegang pada pernyataan AHY saat pidato sebelum pendaftaran yang menyatakan all-out mendukung Prabowo-Sandi. Memegang pernyataan Sekjen yang sama akan all-out untuk Prabowo-Sandi," ujar Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum PD Ferdinand Hutahaean melalui pesan singkat, Kamis (16/8/2018).

Ferdinand bukan asal bicara menyebut demikian. Ia berpegang dari pernyataan petinggi PD lainnya, seperti Agus Harimurti Yudhoyono, Sekjen PD Hinca Pandjaitan, dan Amir Syamsuddin.

"Juga pernyataan para Waketum, seperti Syarief Hasan dan Roy Suryo serta pernyataan Pak Amir Sekretaris Majelis Tinggi Partai, yang menyatakan all-out dukung Prabowo-Sandi," jelasnya.

Di luar pernyataan tersebut, Ferdinand menjelaskan itu bukan sikap resmi PD. Ia menambahkan tidak ada rapat dalam internal partai yang memutuskan tidak mengkampanyekan Sandiaga.

"Di luar itu, saya tidak akui sebagai suara partai kecuali ada perintah lain dari Ketua Umum. Sikap partai tidak disampaikan secara asal, tapi disampaikan resmi oleh orang yang ditunjuk Ketua Umum. Sikap resmi adalah dukungan penuh kepada Prabowo dan Sandi," paparnya.

Sebelumnya diberitakan, Andi menyebut semua jajaran PD sampai caleg akan berkampanye memenangkan partai dan Prabowo. Demikian pula Prabowo, juga akan berkampanye untuk PD di forum-forum yang disiapkan PD.

"Partai Demokrat tidak akan mencampuri, bahkan bergabung, dengan komitmen kampanye Sandi, PAN, dan PKS," kata Andi.
(dkp/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed