DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 18:32 WIB

PAN Bela Pidato Zulkifli: Harusnya Elite Berterima Kasih

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PAN Bela Pidato Zulkifli: Harusnya Elite Berterima Kasih Foto: Wasekjen PAN Erwin Izharuddin (Gibran-detik)
FOKUS BERITA: Sidang Tahunan MPR 2018
Jakarta - Pidato Ketua Umum PAN sekaligus Ketua MPR Zulkifli Hasan di sidang tahunan MPR-DPR dikritik lantaran dianggap menyerang pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. PAN membela Zulkifli.

Salah satu yang mengkritik Zulkifli adalah Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy). Rommy menyebut, kritik Zulkifli bercita rasa oposan.

"Bercita rasa oposan sangatlah tidak tepat. Justru sebaliknya, pidato tersebut sangat objektif dan proporsional," ujar Wasekjen PAN Erwin Izharuddin, Kamis (16/8/2018).



Erwin memandang seharusnya semua pihak mengapresiasi sikap Zulkifli yang disebutnya telah berhasil memotret secara objektif dan konstruktif realitas dan dinamika kebangsaan setahun terakhir. Pidato Zulkifli, kata dia, merupakan cara Ketua MPR menjaga dan merawat akal politik tetap tumbuh sehat di tengah tahun politik.

"Pemerintah dan para tokoh politik pendukung pemerintah seharusnya berterima kasih kepada Ketua MPR karena telah menunjukkan sisi lemah kinerja pemerintah. Hal yang justru tidak sanggup mereka para politisi pendukung pemerintah temukan," cetus Erwin.



Ketimbang para elite terus mengkritik Zulkifli, Erwin meminta biarlah masyarakat yang menilai apakah pidato Zulkifli sekadar kritik sebagai sikap oposisi atau justru mencerminkan realitas yang dialami dan dirasakan masyarakat sehari-hari.

Lebih dari itu, Erwin menyebut Zulkifli juga mengapresiasi pemerintahan dalam pidato tersebut.

"Misalnya kinerja pemerintah dalam menangani bencana gempa di Lombok. Juga apresiasi terkait kesiapan pemerintah dalam menyongsong Asian Games," jelasnya.
(gbr/rvk)
FOKUS BERITA: Sidang Tahunan MPR 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed