DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 18:20 WIB

Djarot Puji Seni Bambu Anies, tapi Tanya Kenapa Dipasang di HI

Samsudhuha WIldansyah - detikNews
Djarot Puji Seni Bambu Anies, tapi Tanya Kenapa Dipasang di HI Karya seni instalasi dari bambu Getah Getih dipasang di kawasan Bundaran HI untuk mempercantik Jakarta saat Asian Games 2018. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Eks Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengapresiasi karya seni instalasi bambu Joko Avianto yang dibuat atas permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selain memuji, Djarot mempertanyakan seni bambu itu dipasang di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Kalau itu instalasi ya bagus saja tergantung orangnya bagaimana menilainya masing-masing, karena karya seni masing-masing punya kriteria sendiri-sendiri," kata Djarot kepada wartawan di gedung Filateli, Jalan Pos, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (16/8/2018).


Djarot mengatakan apa pun yang dikerjakan Gubernur Anies itu bagus. Tetapi mengenai seni bambu itu, dia bertanya-tanya soal lokasi pemasangan.

"Kalau saya melihatnya seni instalasi ya tapi pertanyaannya mengapa harus di situ? Sepanjang lebih bagus atau memang di situ karena itu ditonton orang banyak? Ya apa seni instalasi itu menyatu dengan lingkungannya?" kata Djarot.

Ia mengatakan seni yang terbuat dari bambu harus diapresiasi. Ia mengimbau masyarakat menanam bambu karena bambu di Indonesia memiliki jenis yang banyak.

"Tapi apa pun itu ya harus dihargai karya seni, apalagi menggunakan bambu. Bambu ini menurut saya tanaman yang multifungsi dan kita harus banyak tanam bambu karenanya waktu saya di Kali Ciliwung saya sampaikan kita harus banyak menanam jenis-jenis bambu karena bambu di Indonesia ini sangat banyak jenisnya," imbuhnya.


Sebelumnya, Anies Baswedan memasang karya seni instalasi dari bambu di sekitar Bundaran HI. Anies mengatakan pajangan itu untuk mempercantik Jakarta saat Asian Games 2018.

"Bambu sering dianggap tak bernilai, kami ingin tunjukkan di tanah yang paling mahal di Indonesia, Bundaran HI, di situ dipasang instalasi dengan material paling murah di Indonesia. Tetapi lewat kreativitas tangan Pak Joko, material yang tak bernilai itu jadi karya seni yang tak ternilai," kata Anies di Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (15/8).


Tonton juga video: 'Anies Pamer Karya Seni Bambu di Bundaran HI'

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed