DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 17:51 WIB

Alat Navigasi Dimonim Air yang Jatuh di Papua Ditemukan

Wilpret Siagian - detikNews
Alat Navigasi Dimonim Air yang Jatuh di Papua Ditemukan Foto: Penyerahan alat navigasi ke KNKT (Wilpret-detikcom)
Papua - Alat navigasi pesawat Dimonim Air yang jatuh di Gunung Meguk, Oksibil, Papua ditemukan. Alat navigasi itu diberikan pihak kepolisian ke KNKT untuk cari penyebab jatuhnya pesawat.

Ada dua buah yang diserahkan yakni box warna kuning yang disebut ELT (Emergency Locator Transmitter) dan Alat Navigasi dan Komunikasi atau GPS. Total ada 14 item yang diserahkan.

"Sebenarnya pesawat kecil berpenumpang 9 orang ke bawah tidak memiliki Black Box, tetapi memiliki yang namanya ELT (Emergency Lokator Transmitter) dan GPS atau alat Navigasi dan Komunikasi. ELT berfungsi ketika terjadi benturan terhadap pesawat maka akan memunculkan signal yang dapat ditangkap Basarnas," ujar Perwakilan KNKT Papua, Norbert Tunayan saat memberikan keterangan pers di Mapolda Papua, Kamis (16/8/2018).



"Jadi pesawat Dimonim Air jenis PC- 6 Porter PK-VHQ tidak memiliki Block Box, tetapi memiliki GPS atau alat navigasi dan komunikasi serta ELT (Emergency Locator Transmitter)," tambahnya .

Norbert berterima kasih kepada TNI/Polri yang dengan cepat melakukan pencarian dan evakuasi terhadap korban, sehingga dalam kejadian ini, satu korban masih bisa terselamatkan.



"Ini suatu mukjizat, karena dalam setiap kecelakaan pesawat jarang korban hidup. Puji Tuhan dalam kejadian ini Jumaidi (12) dapat selamat dan saat ini dalam perawatan medis," ujarnya.

Pesawat yang hilang itu mengangkut 9 orang. Dua orang di antaranya merupakan pilot dan kopilot, sementara sisanya merupakan penumpang. Pesawat itu jatuh pada 11 Agustus.



Tonton juga video: 'Pesawat Dimonim Air Ditemukan! 8 Tewas, 1 Selamat'

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed