DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 17:46 WIB

Menengok Persiapan HUT RI di Gedung Juang 45 Tambun

Isal Mawardi - detikNews
Menengok Persiapan HUT RI di Gedung Juang 45 Tambun Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Gedung Juang 45, yang terletak di Tambun, Bekasi, merupakan gedung bersejarah. Setiap tahun, gedung ini dipakai untuk peringatan Hari Kemerdekaan RI. Seperti apa persiapannya?

Pantauan detikcom, Kamis (16/8/2018), tidak banyak ornamen yang berkaitan dengan HUT RI di gedung tersebut. Gedung hanya dihiasi umbul-umbul dan bendera merah-putih.

Gedung juang dicat warna putihGedung juang dicat berwarna putih. (Isal Mawardi/detikcom)

Gedung Juang berada di tanah seluas sekitar 2 hektare. Terletak di Jalan Sultan Hasanudin, Setiadarma, Tambun Selatan, Bekasi, Gedung Juang dibentengi pagar bercat hijau di sekelilingnya.

Begitu masuk ke area Gedung Juang, pengunjung akan melihat sebuah relief yang menggambarkan perjuangan pejuang Indonesia saat melawan penjajah dan masa awal terbentuknya Bekasi.

Ada beberapa umbul-umbul yang menghiasi Gedung Juang. Bendera Merah-Putih tampak berkibar di depan Gedung Juang.

Taman di kompleks Gedung Juang tampak asri. Lantai Gedung Juang pun tampak bersih dan terawat. Gedung tampak bersih dengan sentuhan cat berwarna putih.

Monumen relief perjuangan melawan penjajah di gedung JuangMonumen relief perjuangan melawan penjajah di Gedung Juang. (Isal Mawardi/detikcom)


Marullah (76), seorang veteran yang dipercaya menjaga Gedung Juang, mengatakan gedung itu selalu digunakan komunitas untuk melaksanakan upacara di hari peringatan kemerdekaan RI.

"Ada komunitas sepeda ontel, seluruhnya 60 orang nanti mereka pakai atribut pejuang, besok acaranya. Upacara dulu, terus langsung ke pemda," ujar Marullah saat ditemui detikcom di lokasi.

Tidak banyak aktivitas berkaitan peringatan HUT RI yang dilakukan masyarakat di Gedung Juang. Tidak banyak yang berkunjung ke bangunan yang juga dikenal sebagai Landhuis Tamboen itu.

"Kadang-kadang ada pengunjung dari sekolah, mahasiswa, campurlah. Ada yang dari Jakarta, ada sekitar 200-anlah," ucapnya.

Pengunjung yang ingin berkunjung ke gedung itu tidak dikenai tarif. Masyarakat boleh masuk ke gedung dan membayar secara sukarela.

Pagar depan Gedung Juang 45Pagar depan Gedung Juang 45. (Isal Mawardi/detikcom)


Tonton juga video: 'Sukarno Hingga Jokowi 'Reuni' dalam Relief di Garut'

[Gambas:Video 20detik]


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed