detikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 14:04 WIB

Tifatul Puji Pidato Jokowi, tapi Singgung Keluhan Emak-emak

Tsarina Maharani, Ray Jordan - detikNews
Tifatul Puji Pidato Jokowi, tapi Singgung Keluhan Emak-emak Tifatul Sembiring (Lamhot Aritonang/detikcom)
FOKUS BERITA: Sidang Tahunan MPR 2018
Jakarta - Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Tifatul Sembiring memuji pidato yang disampaikan Presiden Jokowi. Terutama saat disampaikan soal infrastruktur.

"Saya menyoroti khususnya pembangunan infrastruktur ya. Saya sangat setuju bahwa infrastruktur dibangun pokok-pokok, terutama sampai ke Papua," kata Tifatul saat ditemui setelah menghadiri sidang tahunan di gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).



Mantan Menkominfo ini juga menilai pernyataan Jokowi tentang persatuan bagus. Namun dia menggarisbawahi jangan sampai pembangunan justru tak mencapai persatuan.

"Jangan sampai kita fokus ke infrastruktur tapi yang lain terbengkalai, seperti perbaikan harga BBM, tarif listrik, dan lain-lain. Nah ini secara tersurat juga tadi disampaikan Pak Zulkifli terkait pesan emak-emak itu tadi ya supaya harga diturunkan," ungkap Tifatul.

Sebelum Jokowi, Ketua MPR Zulkifli Hasan juga berpidato. Dalam pidato itu, Zulkifli mengkritik pemerintah dengan menyinggung kepentingan emak-emak.

"Ya memang keluhan itu di bawah banyak. Kita anggota terjun ke masyarakat kemudian berdialog banyak keluhan itu," ujar Tifatul.



Meski demikian, Tifatul belum mau bicara angka soal apa yang disampaikan Zulkifli. Menurut dia, klaim tersebut tak bisa diambil kesimpulan begitu saja.

"Ya, kalau angka-angka ini mesti detail ya kita bicara, nggak bisa kita dengar pidato seperti ini terus kita ambil kesimpulan. Terus apa yang disampaikan Pak Zulkifli Hasan, Ketua MPR, itu kan pesan dari emak-emak, artinya ini melalui suatu apa? Mungkin beliau dialog kan," kata dia.

Klaim Jokowi soal penurunan gini ratio juga akan dicek Tifatul. Dia mengaku tak ingin percaya begitu saja pada isi pidato.

"Betul nggak ini? Seperti apa? Sesignifikan apa?" pungkas dia.


Tonton juga video: 'Jokowi Pamer Hasil Pembangunan, Sandi Ingin Suara Emak-emak Didengar'

[Gambas:Video 20detik]


(bag/fdn)
FOKUS BERITA: Sidang Tahunan MPR 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed