detikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 11:58 WIB

Jokowi: Universitas di Indonesia Harus Dobrak Kebiasaan Lama

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: Universitas di Indonesia Harus Dobrak Kebiasaan Lama Presiden Jokowi. Foto: Pool
Jakarta - Peningkatan pendidikan jadi topik yang dibicarakan Presiden Jokowi dalam pidato peringatan HUT ke-73 RI. Jokowi ingin bangsa Indonesia makin memiliki daya saing di tingkat dunia, salah satunya soal artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

"Kita harus bisa bicara tentang Artificial Intelligence, Internet of Things, dan berbagai kemajuan teknologi yang hampir setiap detik selalu muncul yang baru," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan HUT ke-73 RI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).



Kualitas pendidikan yang telah ditingkatkan hingga saat ini adalah program pendidikan vokasi hingga sertifikasi profesi. Program ini diharapkan membuat usia produktif di Indonesia bisa langsung bekerja.

"Universitas-universitas di Indonesia harus berani mendobrak kebiasaan-kebiasaan lama. Harus berani memunculkan program studi baru yang mencerminkan realitas kebutuhan keahlian masa kini dan masa depan," tutur Jokowi.

Indonesia, kata Jokowi, tak boleh ketinggalan dari bangsa lain. Indonesia tak boleh terjebak pada pesimisme.



Dia juga menyinggung 4 santri Indonesia yang jadi juara kontes robotik dunia tahun lalu. Menurut dia, tak ada alasan untuk pesimis.

"Dalam menghadapi dan menyikapi perubahan peradaban manusia itu, tidak bisa kita lakukan dengan pesimisme dan kekhawatiran yang berlebih. Kita justru harus optimis dan yakin bahwa modal sosial dan energi kebangsaan kita kuat untuk melompat ke depan," ujar Jokowi.


Simak Juga 'Jokowi Kenang Masa Kuliah, Cerita soal Cita-cita yang Tak Kesampaian':

[Gambas:Video 20detik]


(bag/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed