DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 11:20 WIB

Jokowi: Kedewasaan Politik Makin Matang, Pemilu 2019 Aman-Damai

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: Kedewasaan Politik Makin Matang, Pemilu 2019 Aman-Damai Dok.detikcom/Presiden Jokowi/Foto: Rengga Sancaya
FOKUS BERITA: Sidang Tahunan MPR 2018
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini Pemilu 2019 akan berlangsung aman dan damai. Keyakinan Jokowi didasari penyelenggaraan Pilkada serentak yang dinilai berhasil.

"Kita telah berhasil lepas dari ketakutan terhadap ancaman instabilitas dan kekerasan politik dalam setiap regenerasi kepemimpinan nasional maupun daerah. Seratus satu pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2017 dan 171 pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2018 telah berhasil kita laksanakan dengan aman dan damai," ujar Jokowi dalam pidato Kenegaraan Presiden dalam Rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan di depan Sidang DPR-DPD, Kamis (16/8/2018).

Rakyat menurut Jokowi menyambut pesta demokrasi pilkada serentak dengan kegembiraan dan antusiasme yang tinggi. Kedewasaan berpolitik juga dinilai semakin matang.

"Saya yakin, dengan pengalaman yang panjang dalam berdemokrasi, Insya Allah, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden secara serentak di tahun 2019 akan berlangsung dengan aman, damai, dan demokratis," sambung Jokowi.

Dalam pidatonya, Jokowi menyatakan rasa syukur Indonesia memiliki Pancasila. Pancasila disebut sebagai pengarah, penggerak, sumber inspirasi, dan sekaligus sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

"Dengan berpegang teguh pada Pancasila, saya yakin kita akan menjadi bangsa yang berdaulat dan bermartabat dalam pergaulan bangsa-bangsa lain di dunia, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi," sambungnya.


Simak Juga 'Isu SARA Jadi Faktor Penghambat Demokrasi Pemilu':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/tor)
FOKUS BERITA: Sidang Tahunan MPR 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed