DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 10:09 WIB

Jokowi Ingin MPR dan BPIP Mereaktualisasi Pancasila

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Ingin MPR dan BPIP Mereaktualisasi Pancasila Presiden Jokowi. Foto: Insragram @jokowi
Jakarta - Presiden Jokowi menyinggung pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara direvitalisasi. Dia pun memuji MPR yang konsisten mengawal ideologi Pancasila.

"MPR juga terus melanjutkan upaya revitalisasi dan reaktualisasi Pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa dan negara, dan sumber hukum nasional. Kita mengharapkan agar ada kemitraan intensif antara MPR dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, untuk bersinergi mengawal pembinaan ideologi Pancasila kepada masyarakat, Lembaga-Lembaga Pemerintah dan Negara," tutur Jokowi dalam Sidang Tahunan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).



Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dibentuk sejak tahun lalu. Sebelumnya badan ini berupa Unit Kerja Presiden.

Sementara itu MPR terus melakukan sosialisasi ideologi Pancasila ke masyarakat. Maka itu Jokowi ingin MPR dan BPIP terus bersinergi.



"Selama setahun terakhir, MPR sesuai tugas konstitusionalnya terus berusaha untuk berperan sebagai rumah aspirasi bersama, rumah kebangsaan, serta pengawal ideologi Pancasila dan kedaulatan rakyat," kata Jokowi.

BPIP memiliki Dewan Pengarah dan Pelaksana. Ketua Dewan Pengarah BPIP saat ini adalah Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.


Simak Juga 'Makna Pancasila di Tengah Kehidupan Masyarakat':

[Gambas:Video 20detik]


(jor/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed