DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 22:05 WIB

Pejabat Kemendagri Sampaikan Pesan Politik Tjahjo ke Relawan Jokowi

Nur Azizah - detikNews
Pejabat Kemendagri Sampaikan Pesan Politik Tjahjo ke Relawan Jokowi Jaman meresmikan rumah pemenangan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin. (Nur Azizah/detikcom)
Jakarta - Relawan Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) menggelar acara hari ulang tahun ke-11. Acara ini sekaligus meresmikan rumah pemenangan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Acara ini digelar di Graha Kemandirian, Jalan Cideng Timur No 51A, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2018). Lokasi ini juga sekaligus menjadi rumah pemenangan Jokowi-Ma'ruf. Di lokasi hadir Ketua Umum Jaman Iwan Dwi Laksono, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar, dan Direktur Deputi IV Kantor Staf Presiden Bambang 'Beathor' Suryadi, dan lainnya.

Dalam sambutannya, Iwan mengatakan, Jaman konsisten mendukung Jokowi sejak Pilgub DKI Jakarta 2012. Karena itu, Jaman pun akan mendukung penuh Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. Dia berharap Jokowi melanjutkan kepemimpinan pada periode 2019-2024.

Jaman meresmikan rumah pemenangan untuk Jokowi-Ma'ruf AminJaman meresmikan rumah pemenangan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin. (Nur Azizah/detikcom)

"Jaman wajib memenangkan Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin. Sudah kita putuskan di rakernas lalu. Semua suaranya sama bahwa kita menegaskan, meyakinkan diri, bahwa kita memenangkan Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin," ujarnya.

"Kita dukung all out. Kita putuskan dukung Pak Jokowi untuk jadi presiden. Yakin menang. Kita menyatakan diri sebagai relawan, kita harus berbuat dan bersikap dan berperilaku seperti relawan, rela dan mandiri. Spirit untuk rela berjuang dan mandiri. Siap, ya? Apakah siap memenangkan Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin? Apakah siap menjadi relawan yang militan?" sambung Iwan.


"Siap!" ujar para kadernya kompak.

Iwan yakin, jika Jokowi-Ma'ruf Amin menang, Indonesia akan menjadi bangsa yang makin maju. Dia dan para kader Jaman nantinya akan berjuang membantu memenangkan Jokowi, salah satunya dengan melawan berita-berita hoax yang bertebaran di medsos. Rumah pemenangan rencananya akan dijadikan tempat untuk bertukar informasi dan berkoordinasi.

"Kita lawan semua hoax. Kita lawan berita-berita yang membuat kita bermusuhan satu sama lain," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Kapuspen Kemendagri Bahtiar mengatakan datang mewakili Mendagri Tjahjo Kumolo. Dia mengapresiasi Jaman mampu bertahan hingga 11 tahun.

"Saya paham betul bagaimana perkembangan organisasi kemasyarakatan, dari dua-tiga orang, lalu berkembang menjadi cukup besar. Itu menjadi kekuatan social control dan akan menjadi pergerakan-pergerakan relawan. Oleh karena itu, kita apresiasi Jaman yang mampu bertahan 11 tahun. Saya sungguh apresiasi," ujar Bahtiar dalam sambutan.

"Pak Menteri menyampaikan bahwa menitipkan kepada rekan-rekan Jaman untuk menyampaikan informasi kebaikan yang dijalankan oleh pemerintahan. Sampaikan saja apa adanya. Misalnya bagaimana kita di Kementerian Dalam Negeri, sebagai pembantu Presiden, bagaimana menggerakkan pemerintah daerah, ada 514 bupati/wali kota, ada 34 gubernur, 71 ribu kepala desa, kurang-lebih 7.000 camat yang diorganisasi seorang Menteri Dalam Negeri. Tidak mudah, karena mereka memiliki latar belakang politik yang berbeda. Kalau zaman dulu instruksi Menteri Dalam Negeri satu kepala desa sama. Hari ini tidak mudah menggerakkan dari pusat sampai daerah. Tapi ini juga terus kita upayakan," sambungnya panjang-lebar.

Jaman meresmikan rumah pemenangan untuk Jokowi-Ma'ruf AminJaman meresmikan rumah pemenangan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin. (Nur Azizah/detikcom)

Bahtiar juga menjelaskan upaya pemerintah mengucurkan dana desa demi kesejahteraan masyarakat. Juga upaya Kemendagri dalam menyelesaikan persoalan kependudukan.


"Dan tugas berat Kemendagri adalah menyelesaikan masalah data penduduk. Untungnya, kita mendapatkan Menteri Dalam Negeri yang clear, mendukung semangat antikorupsi. Alhamdulillah 4 tahun bisa kita selesaikan sampai 97,5 persen. Pelan-pelan itu kita selesaikan," ucapnya.

"Sekali lagi, negara ini memilih jalan sebagai negara demokrasi. Itu yang sudah kita sepakati. Negara demokrasi cirinya itu dilaksanakan pemilu. Tak ada negara demokrasi tanpa pemilu. Secinta apa pun rekan-rekan Jaman terhadap Pak Jokowi, tetap 5 tahun sekali harus diuji kecintaan kita ini. Oleh karenanya, pesan Pak Tjahjo Kumolo kepada Jaman, tunjukkanlah kecintaan Anda pada Pak Jokowi pada 17 April 2019 di hari pencoblosan untuk Presiden Republik Indonesia 2019-2024," sambungnya.

Dalam acara ini Bahtiar ikut dalam prosesi tiup lilin dan pemotongan tumpeng dalam rangka HUT ke-11 Relawan Jaman. Selesai itu dia langsung meninggalkan lokasi acara.

Kepada detikcom, Bahtiar mengatakan, pesan sambutan yang disampaikannya kepada relawan Jaman bermaksud mengingatkan agar warga ikut mencoblos dalam Pilpres 2019.
(hri/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed