DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 20:09 WIB

PKB soal Jabatan Ma'ruf di MUI: Bisa Mundur atau Nonaktif

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
PKB soal Jabatan Maruf di MUI: Bisa Mundur atau Nonaktif Ketua DPP PKB Lukman Edy (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - Maju mendampingi Joko Widodo pada Pilpres 2019, Ma'ruf Amin belum menanggalkan jabatan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI). PKB angkat bicara.

Ketua DPP PKB Lukman Edy mengatakan, untuk menjaga netralitas, Ma'ruf Amin bisa memilih mundur atau nonaktif sebagai Ketua MUI. Namun, ditekankannya, hal tersebut harus sesuai dengan mekanisme yang ada di MUI.

"Untuk menjaga netralitas, itu bisa mundur, bisa nonaktif," ujar Lukman di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2018).


"Kalau kemudian tidak ada secara eksplisit AD/ART-nya mengatakan harus mundur, pendekatan nonaktif itu bisa dilakukan. Itu menurut saya ya, tergantung AD/ART dan hasil rapat pleno masing-masing lembaga ini," lanjutnya.

Lukman berkeyakinan, MUI akan segera menggelar rapat internal terkait jabatan Ma'ruf tersebut. Ia juga yakin Ma'ruf Amin akan mematuhi apa pun keputusan rapat internal.


"Saya kira nanti akan ada masing-masing rapat internal, pasti Pak Kiai Ma'ruf Amin juga mendorong terjadi rapat internal di Majelis Ulama Indonesia. Saya yakin Kiai Ma'ruf Amin akan ikut apa yang menjadi keputusan rapat di Majelis Ulama Indonesia," jelasnya.
(mae/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed