DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 19:21 WIB

Bukan Minyak Tanah, Cairan yang Tumpah di Pantai Ambon Avtur

Muslimin Abbas - detikNews
Bukan Minyak Tanah, Cairan yang Tumpah di Pantai Ambon Avtur Warga mengambil avtur di pantai Ambon. (Abbas/detikcom)
Jakarta - Minyak yang tumpah di Pantai Wayame dan Kali Taheng, Ambon, Maluku, rupanya bukan minyak tanah. Minyak yang tumpah itu merupakan avtur, yakni bahan bakar pesawat.

"Informasi yang kami dapat dari pihak Pertamina tadi menyatakan bahan bakar minyak jenis avtur," ungkap Kapolsek Teluk Ambon Ipda Julkisno Kaisupy, yang masih berada di Pantai Wayame, Ambon, Rabu (15/8/2018).



Karena avtur memiliki daya bakar yang cukup tinggi, polisi mengimbau warga yang sedang mengais avtur di kali dan pantai untuk berhati-hati. Polisi juga minta warga tak membawa korek api atau benda apa pun yang mudah terbakar.

"Kita cuma bisa mengimbau kepada warga, jangan membawa alat-alat atau bahan yang mengandung percikan api, seperti korek api dan merokok," imbuhnya.



Sejak sore tadi warga mengira minyak yang tumpah ini ialah minyak. Namun pihak Pertamina memberitahukan kepada warga bahwa yang tumpah ini ialah avtur. Meski sudah tahu cairan ini avtur, warga tetap menyemut.

"Banyak yang omong ini musibah, tapi ini berkah untuk masyarakat. Tadi pagi dikira minyak tanah, tapi kan banyak orang mengatakan untuk malam ini yang diambil avtur, jadi ya katong (kita) ambil saja," ucap warga yang masih ada di lokasi.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed