DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 11:45 WIB

Asman Abnur Tak Hadiri Pelantikan Syafruddin sebagai MenPAN-RB

Niken Purnamasari - detikNews
Asman Abnur Tak Hadiri Pelantikan Syafruddin sebagai MenPAN-RB Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - Mantan Wakapolri Syafruddin telah resmi menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Namun, dalam pelantikan di Istana Negara hari ini, tak terlihat MenPAN sebelumnya, Asman Abnur.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Rabu (15/8/2018) pukul 10.09 WIB. Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' dan pembacaan SK pelantikan.
Jokowi kemudian membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Syafruddin.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Jokowi yang diikuti Syafruddin.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hadir dalam pelantikan. Selain JK, sejumlah menteri Kabinet Kerja dan pejabat negara lainnya hadir, antara lain Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Menlu Retno LP Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Menkum HAM Yasonna Laoly, Ketua DPR Bambang Soesatyo, dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO).


Di antara para menteri yang hadir, Asman tak terlihat. Seusai pelantikan, Syafruddin mengungkapkan dirinya tak mengira ditunjuk Jokowi sebagai MenPAN-RB.

"Saya tidak mengira. Tadi malam dipanggil Bapak Presiden ke Istana Bogor jam 20.30 WIB," ujar Syafruddin setelah dilantik di Istana Negara, Rabu (15/8).

Syafruddin mengatakan dirinya akan melanjutkan program kerja yang telah direncanakan oleh MenPAN-RB sebelumnya, Asman Abnur. Setelah dilantik, dia juga langsung bertemu dengan Asman untuk melakukan serah-terima jabatan.

[Gambas:Video 20detik]


(nkn/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed