DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 11:35 WIB

Kampung di Bekasi Bersolek Sambut Hari Kemerdekaan RI

Isal Mawardi - detikNews
Kampung di Bekasi Bersolek Sambut Hari Kemerdekaan RI Foto: Isal Mawardi-detikcom
FOKUS BERITA: HUT RI Ke-73
Bekasi - Warga di Jalan Padat Karya RT 01/06 Kelurahan Durenjaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi bersiap menyambut Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus. Warga mempercantik jalan kecil dengan ornamen merah-putih hingga mural Asian Games.

"Ini inisiatif kita semua, warga, remaja karang taruna, Pak Charlim, Pak Syarif," kata Ketua RT 01/06 Kelurahan Durenjaya, Bekasi Timur, Muhammad Narsid di lokasi, Rabu (15/8/2018).

Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut peringatan HUT RI ke-73. Warga juga mempersiapkan perlombaan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan.

"Dalam rangka menyambut HUT RI ke-73, sekaligus ada lukisan tembok kan ada Asian Games kita memperingati lah ya," imbuhnya.

Ada 45 payung aneka warna memayungi gang. Warga menggunakan simbol payung dengan aneka warna menandakan kampung tersebut diisi oleh warga dengan beragam suku.

"Di kampung ini kan macam-macam (suku) ada sunda, betawi, jawa. Pakaian kan macem-macem juga kan, ada yang pejabat, baju kuning, baju hijau," ungkapnya.

Payung aneka warna hiasi langit di depan perumahan wargaPayung aneka warna hiasi langit di depan perumahan warga Foto: Isal Mawardi-detikcom


Dengan begitu, diharapkan warga menumbuhkan semangat persatuan dalam Bhineka Tunggal Ika. Payung juga menjadi simbol keteduhan, sehinga agar sekiranya dengan semangat berbeda tetapi satu jua dapat membuat keteduhan bagi warga.

"Kita mengajak (warga) untuk bersatu, (walau terdiri dari) berbagai macam suku, berbagai macam latar belakang, kita semua menyatu. Payung itu supaya kita lebih adem, teduh, nyaman dalam perbedaan," ungkap.

Selain itu, warga juga mengecat tembok di jalan perkampungan dengan aneka warna. Mural Asian Games juga menghiasi tembok warga, semakin menambah semarak kemerdekaan RI.

Selain itu, warga juga mempersiapkan sejumlah perlombaan hingga karnaval dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ini. Sejumlah hadiah dipersiapkan untuk peserta lomba.

"(Kegiatan) karnaval tanggal 17 Agustus pagi kita karnaval sepeda (sepeda hias), jalan pagi, satu RW. Hadiahnya ada kenang-kenanganan kayak tempat minum, macem-mecem lah. Nanti ada juga lomba-lomba umum kayak makan kerupuk dan lain-lain," paparnya.

Mural Asian Games juga mempercantik tembok gangMural Asian Games juga mempercantik tembok gang Foto: Isal Mawardi-detikcom



Ada Spanduk HUT RI dari Bungkus Kopi, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(mea/mea)
FOKUS BERITA: HUT RI Ke-73
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed