DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 11:00 WIB

Polri: Komjen Syafruddin Pensiun Dini, Penggantinya Segera Ditunjuk

Audrey Santoso - detikNews
Polri: Komjen Syafruddin Pensiun Dini, Penggantinya Segera Ditunjuk Foto: Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal. (Audrey-detikcom)
Jakarta - Komjen Syafruddin resmi dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan segera menunjuk penggantinya untuk posisi Wakapolri.

"Bersyukur dan selamat, Polri bangga salah satu putra terbaik Bhayangkara Polri dipilih menjadi seorang menteri di kabinet dan mekanisme sudah dilakukan kemarin," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018).


Iqbal menjelaskan, Kapolri sudah menyetujui pengunduran diri yang dilayangkan Syafruddin. Komjen Syafruddin pensiun dini dari Polri.

"Pengunduran diri sudah disetujui oleh Bapak Kapolri dan Pak Kapolri sudah juga mengirimkan surat pengunduran diri Bapak Wakapolri ke Istana yaitu ke Bapak Presiden RI. Kemarin (dikirim suratnya). Pensiun dini walaupun beliau masih tersisa sampai bulan Mei tahun depan (2019) kalau tidak salah pensiunnya," ujarnya.


Karena itu, lanjut Iqbal, Kapolri segera menunjuk perwira tinggi Polri untuk menggantikan Komjen Syafruddin sebagai Wakapolri.

"Sampai saat ini belum ada keputusan dari pimpinan karena jabatan Wakapolri murni hak prerogatif Pak Kapolri. Tidak lama lagi Pak Kapolri akan menunjuk siapa Wakapolri yang akan mendampingi Bapak Kapolri memimpin institusi Polri," ujarnya.

Ketua DPR Bambang Soesatyo sebelumnya mengatakan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz akan mengisi jabatan Wakapolri. "Wakapolri (akan dijabat) Idham," kata saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (15/8).

Bamsoet mendapatkan undangan pelantikan tersebut. Pada undangan itu tertera pelantikan Syafruddin sebagai MenPAN-RB sekaligus Idham menjadi Wakapolri.


Asman Abdur Mundur, Komjen Syafruddin Jadi MenPAN-RB, Simak Videonya:


(idh/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed