DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 10:43 WIB

Sepak Terjang Asman Abnur Saat Jadi Pembantu Jokowi

Danang Sugianto, Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Sepak Terjang Asman Abnur Saat Jadi Pembantu Jokowi Asman Abnur. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Asman Abnur telah mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Posisi itu kini dijabat oleh Komjen Syafruddin.

"Saya sampaiakan niat saya yaitu mengurangi beban Pak Presiden supaya kehadiran saya tidak jadi beban Pak Presiden. Alhamdulilah Pak Presiden memahami perasaan saya dan saya merasa karena PAN tidak mendukung Pak Jokowi sehingga kehadiran saya di pemerintahan koalisi Kabinet Kerja tidak baik secara etika. Jadi saya mohon izin untuk undur diri sebagai menteri PAN-RB," tutur Asman Abnur di Kantor KemenPAN-RB, Jl Sudirman, Jakarta, tadi malam (14/8/2018).



Nama Asman Abnur masuk dalam jajaran menteri Kabinet Kerja pimpinan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla sejak 27 Juli 2016. Ketika itu PAN sudah masuk sebagai partai politik pendukung pemerintah.

PAN bergabung ke koalisi pendukung pemerintah sejak 2015. Waktu itu Wiranto yang kini menjadi Menko Polhukam masih merupakan Ketua Umum Hanura dan mengantar Ketum PAN Zulkifli Hasan ke Istana untuk bertemu Jokowi. Rupanya pada pertemuan itu, Zulkifli yang juga Ketua MPR langsung menyampaikan niatnya mendukung pemerintahan.

Posisi Asman Abnur saat masuk kabinet adalah Wakil Ketua Umum PAN. Sebelumnya dia juga merupakan anggota DPR RI.

Asman mengungkap selama 2 tahun ini sudah melakukan sejumlah terobosan. Dia berharap terobosannya ini dilanjutkan penggantinya.

"Kami juga ciptakan beberapa terobosan khususnya zona-zona integritas yaitu WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) dan sekarang sudah terintegrasi beberapa sistem yang saya anggap ini merupakam terobosan yang sudah dilakukan," papar Asman tadi malam.

Asman mengaku telah memperbaiki kelembagaan yang dianggap LMS dan LPMK tidak produktif. Asman bahkan menyebut ada lembaga dibubarkan. Selain itu, Asman juga menyebut soal inisiasi mal pelayanan publik.



"Kami juga memperbaiki sistem rekrutmen PNS. Pegawai negeri alhamdulilah tahun kemarin sudah kami terima yang selama ini CPNS sudah moratorium 4 tahun. Penerimaan CPNS kemarin juga tidak ada masalah penerimaan. Beberapa Pemda juga dibuka khususnnya Pemda Kaltara alhamdulilah sukses," ujar dia.

Kini Asman tak lagi menjabat sebagai MenPAN-RB setelah PAN memutuskan jadi pengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk Pilpres 2019. Asman pun berharap kembali terpilih menjadi anggota DPR tahun depan.


Asman Abdur Mundur, Benarkah Tidak Ada Tekanan Dari Jokowi? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(bag/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed