DetikNews
Selasa 14 Agustus 2018, 18:32 WIB

Dishub DKI Siapkan Pengalihan Lalin Selama Kirab Obor Asian Games

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Dishub DKI Siapkan Pengalihan Lalin Selama Kirab Obor Asian Games Dishub DKI Jakarta menyiapkan pengalihan arus lalin selama kirab obor Asian Games. (Wildan/detikcom)
Jakarta - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menggelar rapat menghadapi kirab obor Asian Games 2018, yang berlangsung besok. Ada pengalihan arus lalu lintas saat kirab obor berlangsung.

Kirab obor itu pertama akan digelar dari Jakarta Timur menuju Jakarta Selatan. Ada beberapa titik pengalihan arus lalu lintas saat kirab obor itu berlangsung.

"Pertama kita start dari Kramat Jati. Anggota kita pukul 05.00 WIB, kalau acara sesuai panitia, pukul 08.30 WIB mulai start dari Kramat Jati ke Taman Mini. Karena itu, lintasan sepenuhnya digunakan untuk pelari. Jadi Jalan Raya Bogor satu jam sebelum itu kita sterilkan, kita alihkan jalannya dalam durasi selama pelaksanaan etape berlari itu," kata Kepala Seksi Penegakan Hukum Bidang Pengendalian Operasional Dishub DKI Jakarta Augustianus Fabian kepada detikcom di kantor Dishub DKI Jakarta, Jalan Taman Jati Baru, Jakarta Pusat, Selasa (14/8/2018).


Kirab obor itu di satu titik diperkirakan akan berlangsung 2-3 jam. Pengalihan arus lalu lintas hanya diberlakukan saat para pelari membawa obor itu dan hanya berjarak 100-200 meter.

Setelah dari Jakarta Timur, kirab obor itu akan mengarah ke Jakarta Selatan menggunakan mobil dan akan berhenti di sekitar Jalan TB Simatupang untuk melakukan acara serah-terima obor dari Jaktim ke Jaksel. Para pelari akan berlari di seputar TB Simatupang dan Dishub akan mengalihkan arus lalu lintas jalan yang ada di sekitar TB Simatupang itu.

"TB Simatupang sedikit yang kita pakai. Di situ kita mutar ke kolong, nanti mulai start pelari dari sekitar Rawa Bambu sampai Ragunan. Tentunya lintasan itu kita sterilkan. Tentunya area itu harus clear, sementara pengguna jalan kita alihkan karena itu kan sifatnya berlari setiap 100-200 meter, dia kan serah-terima obor itu," imbuhnya.


Augus mengatakan kirab obor besok akan tiba di TB Simatupang sekitar pukul 13.00 WIB. Pukul 12.00 WIB, arus lalu lintas jalan itu sudah dialihkan oleh petugas Dishub. Setelah kirab obor selesai, arus lalu lintas kembali dinormalkan.

Kirab obor itu akan berlangsung selama 3 hari, mulai Jakarta Timur, Selatan, hingga Utara, dan titik terakhir di Gelora Bung Karno pada 18 Agustus nanti. Pada kesempatan yang sama itu juga digelar opening ceremony Asian Games 2018.

"Seluruhnya akan berakhir di Gelora Bung Karno pada tanggal 18 dan dilanjutkan opening ceremony pukul 19.00 WIB. Di situ nanti kita juga melakukan pengalihan dari pukul 14.00 WIB sekitar Jalan Gerbang Pemuda kita sterilkan juga sampai selesai. Selesai kira-kira pukul 22.00 WIB," kata Augus.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed