DetikNews
Selasa 14 Agustus 2018, 14:54 WIB

Jokowi: Suplai Besar-besaran Semen dan Baja ke NTB Pascagempa!

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi: Suplai Besar-besaran Semen dan Baja ke NTB Pascagempa! Presiden Jokowi di NTB (Dok Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Rekonstruksi fasilitas umum dan rumah warga pascagempa 7,0 SR di NTB membutuhkan ketersediaan semen dan baja. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri BUMN Rini Soemarno untuk memastikan kecukupan semen dan baja di NTB.

"Tadi malam saya sudah telepon ke Menteri BUMN, yang berkaitan dengan semen hari ini akan mulai disuplai besar-besaran ke sini. Harga tidak akan naik serupiahpun, langsung dari pabrik. Baja juga sama, sudah saya perintahkan tadi malam untuk langsung disuplai. Hari ini sudah berangkat," ujar Jokowi di Dusun Trengan, Pemenang Timur, Kab Lombok Utara, dalam keterangan yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Selasa (14/8/2018).


Sebab dikhawatirkan, ada lonjakan harga akibat meningkatnya permintaan akan semen dan baja di NTB. Oleh sebab itu, Jokowi meminta Rini memastikan terpenuhinya kebutuhan akan semen dan baja selama proses rekonstruksi berlangsung.

Jokowi juga memerintahkan jajarannya segera membangun kembali pasar-pasar yang roboh akibat gempa. Ia berharap aktivitas ekonomi warga setempat berjalan pulih.


Jokowi sebelumnya menyampaikan Pemerintah akan membantu perbaikan rumah warga yang rusak diguncang gempa. Untuk rumah yang mengalami rusak berat, akan diberi bantuan Rp 50 juta, sementara yang rusak sedang akan diberi bantuan Rp 25 juta.

Saat di Lombok Utara, Jokowi didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Gubernur NTB TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang.


Tonton juga video: 'Jokowi Pastikan Korban Gempa Terima Bantuan'

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed