Viral Video Penyelam Tunggangi Hiu Paus, Susi: Sudah Ditangkap

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 14 Agu 2018 07:44 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Jakarta - Sebuah video yang memperlihatkan aktivitas tidak terpuji penyelam di Teluk Cenderawasih, Papua, beredar viral di media sosial. Dalam video itu, penyelam menunggangi hiu paus dan memegang siripnya.

Hal ini rupanya sudah diketahui pula oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Susi mengatakan bahwa penyelam tersebut telah ditangkap polisi.

Susi mengungkapkan hal itu di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Indonesia dalam pemberian kuliah ukum di Orientasi Kehidupan Kampus (UKK) di Gedung Balairung, UI, Depok, Senin 13 Agustus 2018.



Susi mengatakan penyelam tersebut telah ditangkap aparat polisi setelah dilaporkan oleh Tri Suswati Karnavian, istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Tri adalah anggota Pandu Laut yang juga penyelam.

"Oh sudah ditangkap oleh Ibu Tito Karnavian karena Ibu Tito juga anggota Pandu Laut," ungkap Susi.

Komunitas Pandu Laut menyayangkan adanya kejadian itu. Sehingga kemudian dilaporkan ke aparat kepolisian. "Itu dari Pandu Laut sudah disampaikan ke kepolisian dan kepolisian sudah menangkap yang bersangkutan," tuturnya.


Video tersebut sempat viral di medi sosil beberapa waktu lalu. Musisi Kaka 'Slank' yang peduli akan laut, mengupload video itu di akun Twitter-nya @fishGOD.

"Ada yg ngabarin video ini dr teluk cendrawasih papua Divers menunggangi whale shark 😤😤🤬 @susipudjiastuti @SitiNurbayaLHK," tulis Kaka di akun Twitternya pada 9 Agustus 2018.

Video itu menimbulkan reaksi dari netizen. Komunitas pecinta laut pun geram melihat kelakuan penyelam yang membahayakan ekosistem hiu paus itu.


Bikin Geram! Pengusaha Kaya Raya Ini Tunggangi Whale Shark, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(mei/aan)