ADVERTISEMENT

Penjelasan IDI soal Beda Durasi Pemeriksaan Jokowi dan Prabowo

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 13 Agu 2018 21:42 WIB
Ketua Umum IDI Ilham Oetama Marsis (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Terdapat perbedaan lama waktu proses pemeriksaan capres-cawapres 2019, antara Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ilham Oetama Marsis mengatakan perbedaan ini dikarenakan jeda waktu pemeriksaan.

"Hanya ada waktu jeda untuk salat, untuk makan. Nah, tentunya itu letak perbedaannya," ujar Ilham di RSPAD Gatot Soebroto, Senen, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018).


"Jadi memang perbedaan waktunya itu hanya jeda pada waktu salat dan makan. Itu (sebelumnya) lebih panjang salat dan lain-lain, sehingga yang sekarang lebih pendek mungkin, ya," sambungnya.

Selain itu, Ilham mengatakan perbedaan waktu ini juga terjadi karena perbedaan waktu mulai pemeriksaan. Ilham mengatakan pemeriksaan Prabowo- Sandi lebih cepat dimulai.


"Mengenai perbedaan waktu karena kalau tadi capres-cawapres pukul 07.15 WIB sudah datang. Kita agak kalang kabut ya tadi. Tapi kemarin kita mulai dari pukul 08.00 WIB," kata Ilham.

Namun Ilham mengatakan secara prinsip pemeriksaan medis tidak berbeda. Ia juga mengatakan RSPAD menggunakan alat teknologi terbaru yang meningkatkan kualitas pemeriksaan.

"Tapi secara prinsip medis tidak ada perbedaan yang bermakna. Kita menyelsaikan dengan baik. Bahkan kita memakai metode yang advance. Jadi kita memakai alat-alat teknologi yang terbaru, justru malah meningkatkan kualitas," ujar Ilham. (dwia/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT