detikNews
Senin 13 Agustus 2018, 17:59 WIB

Masa Tugas Berakhir, Dubes Bosnia Pamit ke JK

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Masa Tugas Berakhir, Dubes Bosnia Pamit ke JK Foto: Duta Besar Bosnia dan Herzegovina untuk Indonesia, Mohamed Cengic menemui Wapres Jusuf Kalla. (Noval-detikcom)
Jakarta - Duta Besar Bosnia dan Herzegovina untuk Indonesia, Mohamed Cengic telah menyelesaikan masa tugasnya di Indonesia. Sebelum kembali ke negaranya, Cengic sowan ke Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

"Tadi dengan Wapres Jusuf Kalla, dia sedikit emosional (bersedih) karena saya akan meninggalkan negara ini. Setelah 3 tahun saya bertugas, saya telah menyelesaikan tugas saya dan saya berharap bisa tinggal lebih lama lagi di sini," ujar Cengic usai menemui JK di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018).


Cengic juga menyampaikan, hubungan bilateral Indonesia dengan Bosnia selama ini sangat baik dan semakin meningkat. Selama di Indonesia, dia merasa memiliki hubungan yang luar biasa dengan berbagai institusi, lembaga, serta masyarakat Indonesia.

"Sangat menyenangkan bisa bekerja sama dan bekerja di sini. Di bidang ekonomi, kita mendapat pencapaian lebih dibandingkan 3 tahun lalu," katanya.

Cengic berharap ke depan proyek besar khususnya di bidang energi dapat segera terwujud antara Indonesia dengan Bosnia. Selain energi, kerja sama perdagangan antara Indonesia-Bosnia juga diharap makin meningkat.

"Ke depannya saya melihat kerja sama di bidang teknologi dan PLTA, dan di bidang perdagangan ada kelapa sawit, kopi dan karet. Serta beberapa produk yang kami impor dari Indonesia," tuturnya.


Cengic tidak melihat adanya rintangan bagi Indonesia dan Bosnia untuk meningkatkan kerja sama. Kedua negara tinggal menjajaki kerja sama yang selama ini telah dilakukan dan dibahas, khususnya di sektor ekonomi, energi, dan perdagangan. JK disebut Cengic mendukung kerja sama tersebut.

"Jadi tidak ada halangan dalam kerja sama ini. Dia (Wapres JK) mendukung hubungan ini, khususnya di ekonomi. Pejabat-pejabat dan menteri, pemerintah Indonesia juga telah mengunjungi Bosnia, Sarajevo Business Forum, dan Wapres (Jusuf Kalla) menunjukkan keinginan untuk meningkatkan hbungan kerja sama ini," ucapnya.

Selain peningkatan kerja sama ekonomi, hubungan antar masyarakat (people to people) Indonesia-Bosnia juga sangat baik. Masyarakat kedua negara selalu menunjukkan keramahan.

"Dan akan terus meningkat, kami akan terus meningkatkan program yang dijalankan Kementerian Luar Negeri dan masyarakat di Sarajevo terus mempromosikan pariwisata Bosnia," imbuhnya.

Bertugas selama 3 tahun di Indonesia, Cengic mengaku akan merindukan banyak hal. Di antaranya budaya dan kuliner.

"Banyak hal, masyarakatnya, budayanya, banyak hal yang akan saya bawa dari sini dan akan berguna bagi saya ke depannya. (Kuliner favori) soto ayam and gado gado," tuturnya.




Tonton juga 'PKB Usul JK Jadi Dewan Penasihat Jokowi-Ma'ruf Amin':

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed