Sambut HUT RI ke-73, Warga di Ambon Kreasikan Kampung Warna Warni

Minki - detikNews
Minggu, 12 Agu 2018 15:44 WIB
Foto: Warga Kampung Jalan Baru, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon mengkreasikan permukimannya menjadi kampung warna warni. (Minki-detikcom)
Ambon - Warga Kampung Jalan Baru, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon mengkreasikan permukimannya menjadi kampung warna warni. Hal ini dilakukan warga dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Pewarnaan kampung digagas oleh pemuda setempat yang tergabung dalam komunitas Jalan Baru Creative. Memasuki area kampung, pengunjung langsung disambut dengan warna warni permukiman warga. Warga memadukan warna-warna tersebut dengan berbagai ornamen.

"Awal idenya dari Jalan Baru Creative 2018, menjadi salah satu konsep tata ruang jalan baru yang lebih maju, lebih asri, lebih berwarna tanpa ada kata kumuh," ujar Kordinator Jalan Baru Creatif 2018, Adli Idrus saat ditemui di lokasi, Minggu (12/8/2018).

Sambut HUT RI ke-73, Warga di Ambon Kreasikan Kampung Warna WarniFoto: Minki-detikcom
Selain menghibur pengunjung dengan kreasi warna, warga juga menjajakan berbagai kuliner Nusantara dengan harga yang terjangkau.

"Ini juga menambah ekonomi warga setempat dengan menjajakan kuliner Nusantara. Jadi bukan hanya sebatas mewarnai kampung saja, namun juga menambah perekonimian warga," imbuhnya

Sambut HUT RI ke-73, Warga di Ambon Kreasikan Kampung Warna WarniFoto: Minki-detikcom
Di antara aneka kreasi kampung warna warni tersebut, warga membuat lukisan proklamator Ir Sukarna dan Hatta, pahlawan asal Maluku, hingga Jembatan Merah Putih (JMP) yang menjadi ikon baru Kota Maluku. Ada juga lukisan yang menggambarkan keindahan bawah laut Maluku.

Sambut HUT RI ke-73, Warga di Ambon Kreasikan Kampung Warna WarniFoto: Minki-detikcom
Warga juga menggantungkan payung di atas jalan perkampungan. Selain menghibur mata pengunjung, keberadaan payung tersebut juga membuat jalan menjadi lebih teduh. Payung tersebut memberi makna langit yang penuh warna warni.

Dengan kreasi warna warni tersebut, Kampung Jalan Baru yang awalnya sepi kini ramai dikunjungi warga. (nvl/nvl)