Tes Kesehatan, Jokowi-Ma'ruf Didampingi 8 Sekjen Parpol Koalisi

Niken Purnamasari - detikNews
Minggu, 12 Agu 2018 07:56 WIB
Sekjen-sekjen parpol pendukung Jokowi akan mendampingi tes kesehatan di RSPAD (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Pasangan bakal capres-cawapres, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto pagi ini. Sekjen dari parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf hadir mendampingi keduanya.

"Ya betul (semua sekjen parpol mendampingi) kecuali Golkar ada tugas di Sulawesi Selatan," ujar Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di RSPAD Gatot Subroto, Jalan Abdul Rahman Saleh, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018).


Pantauan detikcom di lokasi, selain Hasto, sekjen parpol yang telah hadir di RSPAD di antaranya Sekjen PSI, Raja Juli Antoni, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen Hanura Harry Lontung Siregar, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, dan Sekjen PKPI Verry Surya Indrawan.

Pemeriksaan kesehatan Jokowi dan Ma'ruf akan berlangsung pada pukul 08.00 WIB. Jokowi-Ma'ruf merupakan pasangan pertama yang menjalani tes kesehatan. Sementara Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno akan melaksanakannya pada Senin (13/8) besok.


Jokowi dan Ma'ruf akan menjalani serangkaian tes kesehatan mulai dari mata, telinga, gigi, hingga organ dalam. Selain itu juga akan ada pemeriksaan kejiwaan lewat psikotes serta bebas penyalahgunaan narkotika. Standar pemeriksaan akan ditentukan oleh tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Pemeriksaan kesehatan capres-cawapres tercantum dalam SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019. (nkn/tsa)