DetikNews
Jumat 10 Agustus 2018, 23:00 WIB

Cerita Sandiaga dan Partai Emak-emak

Marlinda Oktavia Erwanti, Muhammad Fida Ul Haq, Dwi Andayani - detikNews
Cerita Sandiaga dan Partai Emak-emak Potret Sandiaga Uno bersama ibu-ibu. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Sandiaga Salahuddin Uno kembali menyampaikan keberpihakannya kepada kaum emak-emak. Yang terkini, Sandiaga, yang kini maju ke Pilpres 2019 sebagai cawapres Prabowo Subianto, bercerita mengenai partai emak-emak.

Cerita tersebut disampaikan saat Sandiaga berorasi seusai pendaftaran pilpres di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018). Ia siap memperjuangkan partai emak-emak yang tak masuk ke parpol pendukung.


"Ini partai emak-emak belum terepresentasi di sini. Kami akan berjuang untuk partai emak-emak," ujar Sandiaga disambut tepuk tangan peserta.

Sikap Sandiaga yang pro-emak-emak juga akan direpresentasikan dengan program OK OCE. Program Pemprov DKI ini akan dijadikan program nasional.


"OK OCE, saya sudah diskusi dengan Bapak Gubernur Anies dan itu akan direpresentasikan di nasional. Kita akan bangun kewirausahaan yang luas, kalangan muda dan kalangan emak-emak," ujar Sandiaga.

Bukan hanya kali ini Sandiaga berbicara mengenai emak-emak. Saat menjadi Wagub DKI Jakarta, Pemprov menggandeng Permodalan Nasional Madani (PMN) untuk memberikan kredit usaha khusus yang ditujukan kepada emak-emak untuk menjadi pengusaha.


"Permodalan Nasional Madani menargetkan skema kredit khusus kepada ibu-ibu. Jadi kredit untuk emak-emak yang jadi pengusaha," jelas Sandiaga di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (9/2).

Sandiaga juga pernah menyampaikan Pemprov DKI sukses menjinakkan harga pasar. Sandiaga menyebut ada peran emak-emak di balik andil Pemprov meredam inflasi di Ramadan.


"Ini hasil kerja kita semua, ada Kementerian Pertanian, Bulog, ada Kementerian Perdagangan, ada BI (Bank Indonesia), ada BUMD pasar pangan, ada asosiasi-asosiasi, ada koperasi pasar, ada kepolisian, satgas, satgas pangan, dan warga, khususnya emak-emak, yang terus menerus kita biarkan untuk menyampaikan aspirasi kalau mereka tidak mau adanya gejolak harga," terang Sandiaga di Balai Kota DKI, Selasa (19/6).

Berikutnya, Sandiaga berbicara mengenai pilpres dan menyinggung masalah ekonomi. Menurutnya, pemimpin yang terpilih nanti adalah pemimpin yang bisa menggaet hati ibu-ibu rumah tangga dalam memberikan solusi mengenai masalah ekonomi.


"Pilpres ini mungkin juga dimenangkan oleh emak-emak. Siapa pun yang menang itu (adalah) siapa yang bisa memenangkan hati emak-emak," sebut Sandiaga saat mengisi seminar mengenai ekonomi di Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (12/7).
(dkp/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed